Cara Mengatasi Volume HP Mengecil dan Naik Turun Sendiri

Service HP Android - Pernah mengalami tiba-tiba volume HP mengecil sendiri? Di era pandemic sekarang ini, semua kegiatan harus dilakukan dari rumah menggunakan ponsel, itu artinya penggunaan ponsel semakin sering dan meningkat pesat. Karena penggunaan ponsel yang semakin meningkat dewasa ini, masalah error ponselpun banyak bermunculan. Bagaimanapun juga ponsel adalah benda elektronik yang rentan akan kerusakan. Entah karena usia ponsel yang sudah terlalu lama, ataukah ponsel mengalami cidera sebelumnya, misalkan ponsel habis terjatuh, terkena air, terbentur benda keras dan lain-lain. 

Volume HP mengecil sendiri atau naik turun sendiri baik memakai headset ataupun tanpa headset biasanya terjadi karena beberapa faktor. Masalah yang muncul mungkin banyak sekali jenisnya, entah menyerang layar, menyerang volume, menyerang aplikasi dan lain-lain. Di kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang error yang menyerang volume. Entah itu volume yang semakin lama semakin keras ketika ditekan,volume yang tidak bisa untuk emngendalikan volume, volume yang tidak mengeluarkan suara seperti biasanya, volume yang tiba-tiba naik turun sendiri, dan masih banyak lagi masalah volume yang menyerang.


Di artikel ini saya akan mengulas secara spesifik masalah volume naik turun sendiri yang memang sangat menggangu aktifitas kita saat menggunakan HP.

Kenapa Volume HP Naik Turun Sendiri?

Sebelum kita menuju solusi mengatasi Volume naik turun sendiri ini ada baiknya kita mengetahui penyebab apa saja yang mungkin terjadi dan mengakibatkan masalah error ini muncul.
Bisa saja karena factor dari luar atau bisa juga terjadi kesalahan error system di dalam HP android tersebut. Beberapa diantaranya adalah:

  • Menekan tombol volume terlalu sering dengan kuat
  • Menekan terlalu kuat hanya dengan kuku, sehingga tidak bisa menekan semua bagian tombol volume.
  • Memaksakan menggunakan headset yang tidak sesuai dengan HP kamu
  • Memaksakan mencolokkan headset yang ternyata sudah rusak
  • Penggunaan speaker aktif yang terlalu sering
  • Masalah yang disebabkan oleh error system.

Terlalu sering mencolokkan kabel headset dengan speaker aktif juga bisa menambah parah kerusakan volume tersebut.  Tidak menutup kemungkinan, tombol volume mengalami kekendoran karena sering ditekan terlalu kuat atau mungkin beberapa komponen sudah mengalami karat karena penggunaan ponsel yang sudah terlalu lama.

Cara Mengatasi Volume HP Mengecil dan Naik Turun Sendiri


Cara Mengatasi Volume HP Mengecil dan Naik Turun Sendiri


Sebelum kamu terburu-buru membawanya ke Service Center ada baiknya kamu mencoba beberapa cara yang akan saya bagikan dibawah ini. Diharapkan kamu akan lebih menghemat budget jika ternyata kondisi error ini masih bisa diatasi sendiri dan belum benar-benar parah.


Berikut beberapa cara yang bisa kamu coba lakukan:


1. Restart HP Android Kamu
Dengan merestart ponsel kamu, berarti sebagian besar system dalam HP akan memuat ulang, termasuk fitur volume. Jika masalah ini terjadi karena system volume yang mengalami error maka diharapkan dengan Restart ponsel ini masalah volume naik turun sendiri ini dapat teratasi. Caranya dengan menekan lama tombol Power lalu  kamu tap Restart, kemudian tunggu hingga ponsel aktif kembali. Kemudian cek apakah masalah error volume naik turun ini sudah berhasil teratasi ataukah belum.



2. Membersihkan Bagian Dalam Ponsel
Jika ternyata dengan Restart HP masalah Volume naik turun sendiri belum teratasi maka silahkan mencoba opsi kedua ini. Membersihkan bagian dalam ponsel ini memang sedikit lebih rumit, jadi perlu keahlian khusus untuk bisa membuka casing belakang HP. Cara ini dilakukan untuk mengetahui bagian dalam volume, karena kemungkinan plat kuningan bergeser atau kotor.


Berikut langkah-langkah yang harus kamu lakukan untuk membersihkannya:

  • Alat yang perlu kamu persiapkan adalah lap kering, cottonbud dan alcohol
  • Pastikan HP dalam keadaan mati ketika kamu membuka casing belakang HP. Untuk cara ini silahkan kamu search di Google atau YouTube tutorial membuka casing HP sesuai type dan merk HP kamu.
  • Kemudian kamu bisa teteskan sedikit alcohol di cottonbud dan silahkan bersihkan perlahan bagian plat kuningan di bagian volume tersebut.
  • Ingat, kamu harus mengecek letak plat kuningan tersebut jangan sampai bergeser dan tepat pada tempatnya
  • Cek juga apakah terjadi masalah di bagian karet tombol yang ada pada casing
  • Langkah terakhir lap dengan lap kering supaya tidak ada lagi cairan tertinggal dan pastikan benar-benar kering.
  • Setelah itu kamu bisa memasang casing kembali dan mengaktifkan ponsel kembali
  • Baru setelahnya silahkan cek apakah cara ini mampu mengatasi masalah Volume naik turun sendiri ini.


3.  Reset Factory HP Android

Dengan melakukan Reset Factory itu berarti akan menghapus semua data dan aplikasi yang ada diponsel android kamu. Karena dengan Reset factory HP akan kembali seperti pengaturan pabrik atau dengan kata lain akan dikembalikan seperti ponsel baru lagi. Maka saya sarankan, supaya data dan aplikasi kamu aman, kamu harus melakukan Back Up data dan aplikasi kedalam penyimpanan yang kamu miliki. Bisa email atau SD Card, bisa juga kamu melakukan pencadangan di laptop atau harddisk.
 

Cara Reset Factory setiap ponsel mungkin berbeda, jadi kamu tinggal menyesuaikan saja. Berikut caranya:

  • Pertama kamu bisa langsung menuju menu Pengaturan/ Settings
  • Scroll kebawah dan tap menu Pengaturan Tambahan/ additional Settings
  • Tap menu Pencadangan dan Reset
  • Pilih Pencadangan dahulu, untuk melakukan Back Up data dan aplikasi kamu agar tidak terhapus selama proses Reset
  • Baru kemudian tap Reset Factory lalu silahkan  tunggu hingga proses selesai  untuk melihat hasilnya.


4. Menggunakan Bantuan Aplikasi ketiga

Cara ini adalah opsi tambahan yang mungkin bisa kamu coba untuk mengatasi Volume Naik Turun sendiri tersebut.  Dengan bantuan aplikasi ketiga yang bisa kamu download di Google Play Store bernama Volume Control. Anda tidak perlu khawatir karena aplikasi ini ringan dan mudah. Aplikasi yang bernama Volume Control ini bertugas sebagai pengganti volume. Dengan aplikasi ini, kamu bisa mengatur aplikasi volume sesuai dengan keinginan kamu tanpa harus membuka aplikasi terus menerus.


Langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk menginstall aplikasi ini:

  • Pertama kamu bisa buka aplikasi Google Play Store
  • Cari dikolom pencarian dengan mengetik Volume Control
  • Kemudian Install aplikasi tersebut
  •  Setelah selesai kamu bisa membukanya, maka akan muncul pengaturan volume. Karena tampilannya sangat mudah maka kamu bisa mengaturnya naik turunnya volume sesuai dengan keinginan kamu
  • Setelah mengaturnya sesuai dengan keinginan kamu, kamu bisa melakukan Locked supaya Volume tidak naik Turun sendiri.
  • Kemudian kamu bisa melihat perubahan masalah error tersebut apakah sudah bisa teratasi atau memang masih belum.


Jika semua cara diatas sudah kamu coba lakukan untuk mengatasi suara hp mengecil sendiri dan ternyata belum menemukan hasil yang significant seperti sedia kala, itu berarti ada beberapa komponen pada volume mengalami kerusakan dan harus dilakukan penggantian. Cara ini hanya bisa dilakukan di Service Center Resmi Xiaomi misalnya jika anda menggunakan Xiaomi, atau sesuai dengan merk ponsel kamu atau bisa juga di konter service terdekat di kota kamu. Dan tentunya silahkan menyiapkan budget lebih untuk penggantian ini. Selamat mencoba dan semoga berhasil. Terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatasi Volume HP Mengecil dan Naik Turun Sendiri"

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Baca Juga:

Daftar HP 4G murah TerbaruCara Membuat Game Android
Daftar HP Android dibawah 1 jutaDaftar Hp samsung Termurah