Cara Mengatasi "tidak dapat mengisi daya perangkat" di HP Samsung

Tips Samsung - Jika anda pengguna HP Samsung mungkin pernah menemukan saat HP dicolokkan ke charger muncul tulisan "tidak dapat mengisi daya perangkat anda". Salah satu hal yang mungkin pernah dialami pengguna Samsung. Memangnya apakah itu? salah satu kendala pengguna Samsung ketika menggunakan charger bukan bawaan biasanya akan muncul seperti pesan tersebut entah dalam jangka waktu pertama kali atau mungkin jangka waktu yang panjang.

 

Munculnya tidak dapat mengisi daya perangkat pada Samsung sebenarnya masalahnya pada proses pengisian yang terdeteksi tidak wajar, entah dengan arus terlalu tinggi maupun terlalu rendah. Secara teori seperti itu. Namun apakah memang benar ada arus yang labil atau hanya sistem yang membaca demikian saja meski sebenarnya tidak? Untuk itu perlu dilakukan beberapa analisa dan cara perbaikan agar masalah ini bisa ditemukan sumber penyebab dari munculnya pesan tersebut.

 

Hampir sebagian masalah ini timbul dari penggunaan charger atau perangkat pengisi daya yang sembarangan. Nah jika sudah seperti ini bagaimana cara menghilangkannya dan mengembalikan ke normal kembali? yuk ikuti beberapa cara ini:

Cara Mengatasi "tidak dapat mengisi daya perangkat" di HP Samsung

Cara Mengatasi "tidak dapat mengisi daya perangkat" di HP Samsung

Saya telah membaca beberapa artikel cara mengatasi masalah ini di beberapa website, tetapi tidak satu pun yang saya temukan dengan jawaban yang masuk akal. Ada beberapa cara untuk memperbaiki Mengatasi "tidak dapat mengisi daya perangkat" pengisian daya samsung. Anda dapat memilih untuk mengisi daya cepat, ini masalah pilihan.

Ini adalah sesuatu yang dapat Anda putuskan untuk dihidupkan dan dimatikan kapan saja Anda menginginkannya. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah ketahanan baterai juga jadi pertimbangan, Jika baterai sudah pernah diganti, baik baterai tanam atau baterai removable biasanya life time atau umur pakai berbeda dengan bawaannya.


Sebelum melakukan perubahan yang mengarah pada penggantian part, ada baiknya cek beberapa hal diantaranya :

 

Cek Lubang Pengisian

Salah satu kelebihan dari Samsung adalah, lubang port pengisian jika terkena debu atau kerak noda yang menyebabkan ketidakstabilan daya masuk, maka akan muncul pesan seperti itu bahwa "tidak dapat mengisi daya perangkat" atau "pengisian lemah" sehingga hal yang pertama dicek adalah pastikan port pengisian tidak ada masalah. Lakukan pembersihan dengan menyemprotkan contact cleaner, atau membukanya dan menyemprotnya dengan udara bertekanan untuk memastikan tidak ada kotoran. 


Daya Charging

Salah satu alasan kenapa banyak yang menyarankan menggunakan charger original adalah mengenai voltase daya input dan output, khususnya output sehingga daya yang diterima baterai tidak berlebihan juga tidak terlalu rendah. Dengan kestabilan daya yang masuk sehingga memudahkan identifikasi masalah, Jika dengan daya yang stabil tapi masalah ini tetap tidak selesai dan masih muncul pesan tidak dapat mengisi daya maka coba cek cara selanjutnya


Checking Baterai

Nah yang paling krusial dari sebuah smartphone adalah baterai, karena jantung dari smartphone adalah baterai. Bagaimana mengetahui baterai masih bagus atau tidak? jika smartphone menggunakan baterai removable atau yang bisa dilepas mungkin mudah, yaitu dengan melakukan pengisian dengan charger kodok dan dicharging kurang lebih 4jam. Jika dalam waktu 4 jam sudah lebih dari 90% maka baterai tidak masalah. Tapi jika kurang dari 90% maka ada masalah, apalagi jika digunakan bentar langsung drop. Maka harus ganti baterai.

Nah kalau untuk yang non-removable baterai atau baterai tanam bagaimana? Cara yang bisa dilakukan adalah melakukan kalibrasi baterai. Cara melakukan kalibrasi baterai untuk beberapa merk smartphone berbeda-beda. Tapi kita pernah posting untuk KALIBRASI BATERAI TANPA ROOT yang mungkin bisa anda coba.


Baterai yang Lembab

Salah satu yang mungkin terjadi baterai lembab adalah jika smartphone sudah lama tidak digunakan atau lama tidak aktif. Kemungkinan akan terjadi kelembaban pada sisi baterai. Jika masalah lembab seperti ini bisa dilakukan penggunaan agar lebih memicu panas pada smartphone agar kelembaban di area baterai menjadi turun.


Fast Charging Mati

Ada beberapa tipe smartphone yang sudah memiliki fitur Fast Charging yang tidak mau jika menggunakan charger tidak support fast charging maka secara otomatis mematikan pengaturan Fast Charging tersebut. Jika sebelumnya pernah mengecas dengan charger biasa dan ketika menggunakan charger bawaan malah muncul masalah pesan tidak dapat mengisi daya, kemungkinan fast charging mati. Cek pengaturannya melalui :

  • Buka pengaturan ponsel Anda.
  • Pilih setelan aplikasi Anda.
  • Ketuk baterai untuk opsi lainnya.
  • Ketuk pengaturan lanjutan.
  • Kemudian nyalakan pengisian cepat jika mati.

Pengisian cepat telah menjadi ciri utama pengguna Samsung. Jadi bagi pengguna Samsung untuk menyambungkan ponselnya ke sumber daya dan menyadari bahwa pengisian dayanya tidak cepat agak mengganggu.


System Software Bermasalah

Penyebab lain dari munculnya masalah ini adalah ada crash pada system android di ponsel anda. Atau bisa juga update sistem yang belum sempurna atau belum selesai. Ada baiknya coba cek Pembaharuan System melalui :

  • Buka pengaturan ponsel Anda.
  • Pilih pada Tentang Ponsel (About)
  • Setelah terbuka, cek pada Update Perangkat Lunak
  • Akan muncul informasi pembaharuan terakhir
  • Coba lakukan pembaharuan ulang untuk mendapatkan system yang sempurna

 

 Jika masalah baterai, secara fisik kembung atau kelihatan berbeda, anda bisa coba melakukan cara pada Cara Mengatasi Baterai Tanam Bocor atau Kembung yang bisa anda coba untuk menyelesaikan masalah ini


Demikian informasi mengenai Cara Mengatasi "tidak dapat mengisi daya perangkat" di HP Samsung yang bisa kami bagikan untuk anda. Jangan lupa untuk melakukan komentar dan saran agar bisa lebih baik dan bermanfaat  bagi pengguna setelah anda. Salam.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatasi "tidak dapat mengisi daya perangkat" di HP Samsung"

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Baca Juga:

Daftar HP 4G murah TerbaruCara Membuat Game Android
Daftar HP Android dibawah 1 jutaDaftar Hp samsung Termurah