Mengatasi Sim Card Terdeteksi Tapi Tidak Ada Sinyal

Dokter Ponsel - Pernah mengalami Simcard yang Tidak ada Sinyal Padahal Kartu Sim terdeteksi? Sim card yang terdeteksi tapi tidak muncul sinyal bisa disebabkan oleh banyak faktor mulai dari chip card itu sendiri atau dari smartphone android milik anda. Jika sebelumnya ada masalah seperti terjatuh atau terbentur benda keras kemungkinan kerusakan ada terjadi pada perangkat keras atau hardware di smartphone.

Cara Mengatasi Sim Card Terdeteksi Tapi Tidak Ada Sinyal memang ada berbagai cara dan kita harus tahu dahulu sumber masalahnya. Tidak ada sinyal memang merupakan masalah yang sering dihadapi oleh beberapa orang. Ada beberapa alasan yang dapat menyebabkan masalah Android Tidak Ada Sinyal. Kadang-kadang terjadi karena sinyal pada smartphone yang lemah atau rusak, atau ada kerusakan system yang menyebabkan sinyal jaringan mati, bisa juga dari perangkat penangkap sinyal yang sudah melemah. Satu lagi, sim card yang rusak pada chipnya juga bisa menyebabkan sim card terbaca tapi tidak muncul sinyal karena kerusakan chip. Kali ini kita akan membagikan beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk memperbaiki hp tidak ada sinyal .

Cara Memperbaiki HP Tidak Ada Sinyal Padahal SIM CARD Terbaca

cara Mengatasi Sim Card Terdeteksi Tapi Tidak Ada Sinyal


Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi hp android tidak ada sinyal yang bisa kita lakukan sendiri, antara lain :

Mengatasi Simcard Terdeteksi Tapi Tidak Ada Sinyal


Pancing Dengan Mode Pesawat
Cobalah untuk mengaktifkan mode pesawat agar sim card non-aktif. Setelah beberapa saat, nyalakan kembali dengan menon-aktifkan mode pesawat. Tunggu hingga sim card mencari jaringan. Ini berguna untuk memancing provider jaringan mencari sinyal secara maksimal setelah non-aktif. Hal ini bisa membantu memunculkan sinyal kembali.


Restart Ponsel
Jika dengan mengaktif-nonaktifkan mode pesawat belum bisa memunculkan sinyal, coba untuk cara selanjutnya. Kadang memang sepele, hanya dengan restart ponsel membuat sinyal muncul kembali. Tetapi kadang kita lupa untuk berfikir ke arah ini. Lakukan restart ponsel dengan menggunakan tombol atau lepas baterai jika menggunakan removable battery. Tetapi jika ponsel menggunakan non-removable baterai atau baterai tanam maka kita harus melakukan restart melalui tombol power atau dengan tombol restart kecil menggunakan peniti.


Pindai Secara Manual
Jika masih belum bisa menemukan sinyal atau sinyal belum muncul, masuk ke pengaturan untuk melakukan scanning jaringan secara manual sehingga terlihat jaringan yang tertangkap. Caranya:
  • Masuk ke menu pengaturan
  • Pilih Jaringan Lainnya
  • Pilih Operator Jaringan dan klik Jaringan Selular
  • Ketuk "Pencarian Manual"
  • Tunggu hingga proses pencarian selesai. Ini membutuhkan waktu beberapa saat
  • Setelah selesai, akan muncul beberapa nama-nama provider jaringan yang sinyalnya tertangkap, klik sesuai dengan provider yang anda gunakan.

*Jika muncul beberapa provider tetapi provider yang anda gunakan tidak ada, artinya memang di area anda saat ini sedang tidak ada jaringan

*Jika hasil pencarian tidak menunjukkan satupun provider yang tertangkap, kemungkinan besar ada kerusakan pada hardware atau software pada ponsel anda karena tidak bsia menangkap sinyal di sekitar.


Cek Chip di Kartu Sim
Kita juga perlu mencurigai masalah pada SimCard itu sendiri. Cobalah untuk membuka kartu Sim dan membersihkan pada permukaan chipsetnya. Caranya dengan menggunakan cairan contact cleaner atau minyak kayu putih dioleskan pada permukaan chipset secara perlahan menggunakan cottonbud kemudian bersihkan menggunakan tissue. Ini bisa membantu mengangkat kerak yang menempel pada permukaan chipset.


Kesalahan System
Adanya kerusakan pada sistem operasi juga bisa menyebabkan penangkapan sinyal bermasalah. Jika cara-cara di atas belum bisa mengatasi masalah, ada baiknya coba lakukan pembaharuan system. Karena sinyal tidak muncul dan tidak bisa menggunakan jaringan internet, maka anda harus mengaktifkan wifi dan mencari jaringan hotspot untuk melakukan pembaharuan system.


Catatan:
Bagi yang menggunakan HP built-up atau Black Market, kesalahan IMEI juga bisa menyebabkan sinyal tidak muncul. Ada baiknya coba lakukan pengecekan nomor IMEI dari smarphone anda apakah masih berlaku / masih terdaftar ataupun sudah terhapus. Karena ada beberapa tipe ponsel yang saat ini IMEI sudah tidak berlaku khususnya untuk produk smartphone yang tidak memiliki bahasa indonesia. Cara mengecek IMEI anda bisa mencari cara pengecekannya sesuai dengan tipe dan merk ponsel yang anda gunakan.

Factory Reset
Jika semua sudah dilakukan, cobalah untuk melakukan seting ke pengaturan awal atau Factory Reset untuk mengembalikan system menjadi seperti pada saat pertama membeli. Cara reset factory ada beberapa macam mulai dari melalui pengaturan hingga melalui System Recovery.

Factory Reset melalui Pengaturan :
  • Buka menu Pengaturan atau Setting
  • Pilih Backup & reset di bawah menu Personal
  • Selanjutnya pilih Factory data reset
  • Kemudian Reset phone, akan muncul peringatan bahwa proses selanjutnya akan menghapus semua data dari penyimpan internal ponsel
  • Setelah selesai proses reset, pilih opsi yes untuk me-restart ponsel.
Factory Reset melalui Recovery :
  • Dimulai dengan ponsel mati, matikan dahulu ponsel anda
  • Setelah itu tekan dan tahan tombol volume ke atas serta tombol power secara bersamaan beberapa saat hingga ponsel menyala
  • Jika berhasil akan muncul tampilan system recovery. Jika tidak berhasil akan muncul logo merk dari smartphone, dan ulangi kembali hingga berhasil
    Jika sudah berhasil, gunakan tombol volume ke bawah dan ke atas untuk memilih menu
  • Pilih menu wipe data/factory reset dengan menekan tombol power pada wipe data/factory reset
  • Proses Factory Reset sedang berjalan dan tunggu beberapa saat hingga selesai kemudian smartphone akan melakukan restart

Yang perlu diperhatikan dalam metode factory reset ini adalah semua data yang ada di memori internal semua akan terhapus termasuk foto, video, kontak, dan juga aplikasi terinstall dan akun google anda. Ada baiknya anda melakukan back-up data dahulu untuk file yang penting dan juga mengingat password dari akun google anda untuk mempermudah nantinya.

Jika cara-cara diatas masih belum memunculkan sinyal atau belum bisa mengatasi masalah, kemungkinan besar IC dari penangkap sinyal anda sudah rusak. Perlu dilakukan penggantian IC atau mungkin bahkan EMMC dari ponsel smartphone anda. Untuk masalah ini ada baiknya anda bawa ke tukang service terdekat jika memang tidak memiliki pengalaman dalam melakukan penggantian.

Anda juga bisa membaca solusi lain dari permasalahan jika playstore anda error, cek cara mengatasinya di Cara Mengatasi Kode Kesalahan Error di Play Store

Demikian cara mengatasi hp tidak ada sinyal sim terdeteksi yang bisa anda coba untuk memperbaiki masalah sinyal pada smartphone anda. Jangan ragu untuk meninggalkan komentar di kolom komentar jika ada pertanyaan dan juga saran, atau jika ada cara lain yang lebih efektif bisa saling berbagi agar bisa kita lakukan update artikel dan bisa bermanfaat bagi pembaca lainnya, Salam.

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel