Cara Memperbaiki Titik Lokasi di Google Maps

Apakah bisa Merubah atau Memindahkan titik koordinat Google Maps? Hampir semua pengguna Android pasti pernah merasakan hal ini. Ketika sedang melakukan perjalanan, dan saat itu kamu sedang menggunakan Google Maps tetapi mendapati ternyata lokasi kamu tidak akurat, pasti ini sangat membuat Kamu galau dan sangat kerepotan. Sedangkan seperti kita tahu, peranan Google Maps pada HP sangatlah penting, pasalnya hampir semua aplikasi lain berhubungan dengan Google Maps. Terutama saat kita sedang melakukan perjalanan dan tidak mengetahui benar tujuan yang sebenarnya kita tuju. Sehingga kita berpikir bahwa Google Maps satu-satunya penolong kita.


Merubah Titik Koordinat Google Maps mungkin tidak perlu dilakukan jika memang posisi kurang tepatnya hanya  sedikit atau hanya berjarak beberapa meter saja. Tetapi terkadang yang terjadi adalah titik lokasi yang kita tuju bisa saja melenceng jauh. Akibatnya akan berdampak pada aplikasi lain yang berhubungan didalam HP kita. Misalnya aplikasi transportasi online seperi Gojek atau Grab, Shopee atau jasa antar lainnya yang menggunakan titik lokasi. Pasti mereka akan pusing mencari lokasi kita yang ternyata tidak akurat. Maka dari itulah, yuk sama-sama kita perbaiki Google Maps yang titik Lokasinya tidak akurat tersebut.
 

Sebelum kita mencari solusi terbaik untuk mengatasi masalah ini, sebaiknya kita tahu dulu apa penyebab titik lokasi tersebut tidak akurat.

Penyebab Google Maps Tidak Akurat

Kenapa kita tidak menuju langsung pada solusi mengatasi masalah titik lokasi yang tidak akurat? Jika kita tau apa sebenarnya penyebab dari masalah tersebut maka solusi pencegahan ataupun solusi mengatasinya pasti akan tepat dan maximal. Dengan begitu, Google Maps bisa Kamu gunakan tanpa ada msalah error yang mengganggu.
 

Berikut sedikit kita ulas apa saja faktor-faktor penyebab ketidakakuratan titik lokasi pada Google Maps HP kamu.


o Faktor Hardware
Tidak menutup kemungkinan factor Hardware bisa menjadi salah satu penyebab. Bagi beberapa pengguna yang paham akan teknologi, sering sekali mebicarakan tentang chipset. Ternyata, beberapa chipset memiliki kemampuan GPS yang  tidak begitu direkomendasikan, bahkan tak jarang salah menunjukkan koordinat. Biasanya chipset seperti ini dipasangkan didalam HP yang berharga murah. Tidak ada buruknya, kita memperhatikan hal ini meskipun tidak semua HP memiliki chipset yang buruk.


o Jaringan Internet Lambat
Jaringan yang buruk atau lambat bisa juga menjadi factor penyebab masalah ini terjadi. Google Maps akan berfungsi secara baik jika disupport selalu dengan internet yang baik pula.
Ketika jaringan internet lemot atau lambat, Google Maps pun tidak akan bekerja maximal. Lambat update, malah terkadang dia akan menampilkan lokasi terakhir Kamu. Padahal Kamu sudah berpindah tempat dari sebelumnya.


o Bug OS atau Aplikasi
Tidak menutup kemungkinan system operasi yang mengandung bug pun dapat menyebabkan Google Maps error. Bahkan terkadang salah menunjukkan titik koordinat. Bukan hanya itu saja, terkadang Google Maps menjadi tidak akurat karena ternyata banyak sekali terdapat bug didalamnya.


o Terdapat Efek Root
Root pada HP Android dapat menyebabkan beberapa aplikasi menjadi tidak stabil, bisa jadi salah satunya GOOGLE MAPS menjadi tidak akurat.


Cara Mengatasi Titik Koordinat Google Maps Tidak Akurat

Cara Mengatasi Titik Koordinat Google Maps Tidak Akurat

Sekarang kita akan ulas beberapa solusi setelah kita tahu sedikit banyak tentang penyebab Titik Lokasi tidak akurat.


1. Pastikan Internet Lancar
Pastikan kembali Internet Kamu lancar, karena tidak menutup kemungkinan ketidakakuratan yang terjadi pada Google Maps kamu karena koneksi internet yan tidak lancar atau lemot.
Kamu bisa melakukan Speed Test dengan aplikasi yang bisa kamu install di Google Play Store. Jika sudah kamu lakukan dan ternyata koneksi kamu lancar dan kencang, tapi tetap tidak mnyelesaikan masalah error, kamu bisa coba cara berikutnya.


2. Update Google Maps
Bisa jadi aplikasi Google Maps Kamu adalah versi yang lama, sehingga menyebabkan aplikasi tersebut tidak bisa menjalankan perannya dengan maximal.


Caranya mudah sekali:

  • Buka Google Play Store
  • Search pada kolom pencarian Google Maps
  • Lalu klik perbarui ke versi Google Maps terbaru jika memang tersedia.

 

Dengan kita memperbarui aplikasi ke versi terbaru, otomatis akan menghilangkan bugs dengan mudah dan cepat. Tak hanya itu saja, dengan versi terbaru kita kan mendapatkan tampilan yang lebih fresh dan prima daripada versi sebelumnya.


3.  Aktifkan Mode Akurasi Tinggi
Langkah ini mungkin akan sedikit membuat baterai kamu akan cepat habis dan akan boros kuota internet juga.


Kamu bisa melakukan aktifasi dengan cara dibawah ini:

  • Buka menu Settings di HP android kamu
  • Tap menu Lokasi
  • Pada bagian atas, aktifkan Lokasi
  • Tap menu MODE, lalu pilih Akurasi Tinggi

Perlu Kamu ingat, Kamu bisa mengaktifkan menu ini jika diperlukan saja, setelah selesai Kamu bisa menonaktifkan dan bisa kembali ke menu sebelumnya yang standard.



4. Hapus Cache dan Data
Hal berikutnya yang bisa Kamu coba lakukan unuk memperbaiki Google Maps adalah menghapus Cache dan Data pada aplikasi Google Maps. Langkahnya sebagai berikut:

  • Silahkan masuk kedalam Setelan di HP Kamu. 
  • Pilih menu Aplikasi
  • Cari dan Pilih Google Maps di daftar aplikasi yang terinstal.
  • Lalu cari dan bukalah pada menu penyimpanan Google Maps
  • Tap hapus Cache dan tap hapus Data
  • Selesai.

Cara-cara diatas adalah cara yang bisa kamu lakukan secara manual, jika kamu ingin membersihkan dengan aplikasi pihak ketiga bisa saja, seperti aplikasi Clean Master, CCleaner atau aplikasi Cleaner lainnya yang banyak terdapat di Google Play Store.


5.    Kalibrasi Google Maps
Cara lain yang mungkin efektif yang bisa kamu coba adalah dengan melakukan Kalibrasi Ulang. Caranyapun cukup gampang, berikut langkahnya:

  • Buka aplikasi Google Maps
  •  Pastikan menu Lokasi aktif
  • Kamu bisa melihat sinar mirip senter yang berwarna biru pada maps. Jika sinar tersebut melebar, maka kamu perlu melakukan kalibrasi.
  • Pegang HP kamu secara mendatar, lalu gerakkan seperti angka 8 secara berulang.
  • Kemudian kamu bis cek kembali di peta, jika sinar biru tadi menyempit, kalibrasi Google Maps sudah behasil dilakukan.


6. Restart Perangkat
Cara ini mungkin cara terakhir yang bisa kamu coba, jika cara-cara diatas belum bisa mengatasi masalah yang terjadi. Cara ini mungkin memerlukan kesabaran, mengingat proses loading booting akan memakan waktu yang cukup lama. Akan tetapi cara ini adalah cara terbaik yang bisa Kamu lakukan untuk dapat meningkatkan Titik Lokasi yang lebih akurat di smartphone kamu. Caranyapun mudah:

  • Tekan tombol power sedikit lebih lama sampai muncul opsi Matikan Daya
  • Lalu aktifkan kembali ponsel dengan menekan tombol Power kembali sehingga ponsel akan menyala kembali. 
  • Lalu silahkan mengaktikan lokasi Kamu.
  • Dan silahkan cek apakah titik lokasi kamu sudah akurat.


Berikut diatas adalah cara-cara yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki Titik Lokasi pada Google Maps yang tidak akurat. Semoga bermanfaat dan dapat menyelesaikan kegelisahan Kamu. Terimakasih..

1 Komentar untuk "Cara Memperbaiki Titik Lokasi di Google Maps"

Anonim mengatakan...

Today, one CNC machining of its foremost benefits is that it permits manufacturing complexity with lowered manual labor and elevated selection in numerous product design choices at a lower price per part (Conner et al. 2014). Due to the 3DP capabilities in building the entire product in a single print job, DDM potentially requires a lot much less or no assembly processes . It reduces lot size and only involve counting the load of 3D printers (Holmstrom et al. 2016), that are much more compact and portable than most traditional manufacturing machines.

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Baca Juga:

Daftar HP 4G murah TerbaruCara Membuat Game Android
Daftar HP Android dibawah 1 jutaDaftar Hp samsung Termurah