5 Cara Mudah Mengatasi Error 963 (Tidak Bisa Download) di PlayStore

Dokter Ponsel - Pernah mengalami error dengan kode error 963? dan bagaimana cara mengatasi playstore error 963, akan kita bahas di postingan kali ini. Apa itu Google Play Error 963? Dilihat dari namanya yang membawa unsur kata Error tentunya ini sebuah masalah atau ada ketidak sinkronan dalam sistem android khususnya untuk bagian Google Play Store gagal download. Masalah ini muncul ketika saat anda coba mendownload atau mengunduh sebuah aplikasi, tiba-tiba muncul notifikasi dengan tulisan Error 963 di Playstore ketika kita akan memulai download sebuah aplikasi.

Error 963 di Playstore jika muncul maka kita tidak bisa mengunduh, menghapus, atau melakukan update semua aplikasi yang terpasang di hp android kita, hampir mirip dengan error playstore 910 artinya kita tidak bisa melakukan apapun terhadap aplikasi, hanya bisa menggunakannya saja tanpa bisa menghapus atau melakukan pembaharuan. Nah, untuk mengaatasi atau memperbaiki error 963 di playstore bisa kita lakukan dengan beberapa cara. Jika sebelumnya kita sudah memaparkan beberapa error code yang sering muncul di playstore yang bisa anda lihat di Cara mengatasi Error Playstore Semua Kode. Berikut ini akan kita bahas bagaimana cara mengatasi google play error 963 dengan cara yang bisa kita lakukan sendiri meski kita tidak paham mengenai android.

Cara Mengatasi Error 963 di Playstore

Cara Mengatasi Error 963 di Playstore

Untuk mengembalikan aplikasi Playstore menjadi normal kembali, ada beberapa cara untuk memperbaiki Playstrore error code 963 dengan beberapa cara, tapi sebelumnya kita perlu ketahui penyebabnya.

Mengapa Muncul Error Code 963 di Playstore

Ketika muncul sebuah masala, tentunya ada penyebab dan alasan mengapa hal ini muncul. Ada beberapa masalah ynag menjadikan faktor dari munculnya masalah ini, salah satunya mungkin yang menjadi penyebab dari yang anda alami, antara lain:
  1. Cache Menumpuk : Penggunaan atau pengoperasian smartphone apapun itu, akan membuat history atau cache pada setiap aplikasi. Semakin banyak aplikasi dan semakin sering penggunaan maka akan semakin banyak cache yang dihasilkan. Hal ini akan mengurangi ruang gerak dari kinerja sistem. 
  2. Menginstall aplikasi langsung pada Memory Card : Jika sebelum muncul masalah ini anda pernah melakukan install aplikasi di kartu SD(bukan memori internal) kemungkinan hal ini akan menghasilkan error code 963 ini juga karena system tidak sinkron akibat ada beberapa akses ijin yang dibatasi. 
  3. Playstore tidak Update : Kemungkinan lain adalah Playstore menggunakan versi lama dan kita tidak mengaktifkan update otomatis pada aplikasi Playstore di Android kita
  4. Akun Google Bermasalah : Salah satu penyebab dari kegagalan download adalah akun anda dibatasi. Hal ini terjadi karena kemungkinan akun kita dianggap melakukan pelanggaran ringan yang tidak menyebabkan banned akun tetapi hanya pembatasan akses

Cara Memperbaiki Play Store Error 963

Nah, setelah kita tahu penyebabnya, maka kita bisa melakukan perbaikan untuk mengatasi masalah error dengan kode nomor 963 di playstore ini, berikut cara yang bisa dilakukan dan dapat memilih salah satu hingga bisa menyelesaikan masalah error ini

1. Hapus Cache di  Aplikasi Play store
Setelah kita tahu bahwa cache Google Play Store akan mengganggu jalannya aplikasi maka perlu kita menyelesaikan masalah dengan menghapus cache didalamnya, caranya :
  • Masuk ke menu Pengaturan kemudian pilih manager Aplikasi
  • Cari aplikasi Playstore atau Google Play dan ketuk
  • Setelah masuk, di bagian bawah ada tombol Hapus Cache, klik dan tunggu hingga cache bersih

2. Ubah setingan instalasi ke memori internal
Jika saat ini pengaturan instalasi langsung masuk ke micro SD atau memori eksternal, ubah pengaturannya ke memori internal. Caranya klik pengaturan di dalam aplikasi Playstore untuk setingan pemasangan aplikasi.

Jika cara ini tidak berhasil, anda bisa mencoba juga memindahkan semua aplikasi yang terinstall di memori SD dan dipindahkan ke memori internal semuanya, caranya :
  • Masuk ke pengaturan dan pilih menu aplikasi
  • Setelah itu ketuk aplikasi-aplikasi yang penyimpanannya di kartu memory SD
  • Pencet tombol "pindahkan ke memori perangkat"
  • Lakukan pada semua aplikasi yang masih tersimpan di kartu SD

3. Lepaskan Memory Eksternal atau Micro SD
Jika pada poin 2 sudah dilakukan namun belum membuahkan hasil, coba untuk melepaskan kartu SD dan coba operasikan smartphone tanpa kartu memori untuk mengakses Google Playstore. Untuk melepaskan kartu memori tanpa mematikan hp, klik pada pengaturan, kemudian pilih menu penyimpanan. Setelah muncul beberapa menu, klik memori Kartu SD dan pilih tiga titik icon kanan atas, kemudian ketuk "lepaskan kartu SD"

Jika lokasi slot memori di smartphone anda bsia melepas kartu SD tanpa harus membuka atau mematikan smartphone maka bsia langsung dibuka dan diambil, tetapi jika desain dari smartphone anda slot memori di bawah baterai, maka harus mematikan smartphone android kita dahulu. Biasanya ini pada model-model smartphone lama yang posisi slot memory kartu SD di bawah baterai.


4. Sinkronisasi Ulang Playstore
Selain membersihkan cache, pada halaman pengaturan playstore, anda bisa juga menghapus data dengan mengeklik tombol hapus data. Tetapi hal ini akan menjadikan akun kita pada playstore akan log out. Maka jika cara-cara di atas tidak berhasil, ada baiknya mencoba menghapus data. Setelah itu sinkrosisasi ulang akun anda dengan cara masuk ke Pengaturan, kemudian pilih Akun. Pilih akun google, kemudian klik bagian kanan dari email yang akan kita sinkronisasikan.


5. Ganti akun Google
Ada kemungkinan akun google atau akun gmail anda terdeteksi spam sehingga beberapa akses dibatasi. Hal ini membuat download selalu gagal. Ada baiknya hapus akun google kita dan buat baru atau masukkan akun lain. Caranya masuk ke pengaturan >> Akun >> klik akun yang digunakan di playstore, dan hapus akun. Setelah itu klik tambahkan akun, bisa memilih buat baru atau tambahkan email lain jika kita punya email lainnya.

Demikian beberapa Cara Mengatasi Error 963 di PlayStore yang bisa anda coba untuk memulihkan Playstore di HP Android kamu agar bisa digunakan untuk menginstall aplikasi yang anda inginkan. Jangan lupa untuk melakukan update aplikasi untuk tetap bisa menggunakan layanan playstore dengan mudah, Salam.
Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Baca Juga:

Daftar HP 4G murah TerbaruCara Membuat Game Android
Daftar HP Android dibawah 1 jutaDaftar Hp samsung Termurah