Mengatasi Xiaomi Redmi Note Touchscreen Tidak Fungsi Sebagian

Tips Xiaomi - Bagi pengguna Xiaomi pernah mengalami redmi note touchscreen tidak berfungsi sebagian? Entah karena masalah apa misalnya sempat tercelup ke air atau masuk ke dalam air atau terkena benturan keras / terjatuh sehingga layar tiba-tiba tidak berfungsi di sebagian layarnya? jangan dulu panik atau berfikir untuk memperbaiki layar harus dengan mengganti LCD baru karena belum tentu masalahnya seperti itu. Terlebih untuk hp android jaman sekarang yang sudah anti air, dan juga menggunakan pelindung di setiap sisinya termasuk menggunakan lapisan layar yang bsia dibilang cukup keras tentunya kita tidak perlu khawatir mengenai hal ini

Xiaomi Redmi Note Touchscreen Tidak Fungsi Sebagian jika sebelumnya terjadi sesuatu seperti terjatuh atau  masuk ke dalam air pasti akan berbeda penyebabnya dengan yang tiab-tiba saja layar langsung error tanpa ada penyebab sebelumnya. Hal ini biasanya jika muncul masalah tiba-tiba biasanya terjadi akibat software atau jika kejadian setelah melakukan install atau pemasangan aplikasi tertentu yang menyebabkan masalah layar sentuh atau touchscreen error kemungkinan hanya software. Dan jika ada masalah layar tidak fungsi akibat sebelumnya terjatuh atau masuk ke air artinya hardware. Tetapi untuk hardware pun belum tentu harus mengganti komponen atau mengganti LCD baru. Untuk lebih jelasnya kita akan paparkan satu persatu.

Mengatasi Xiaomi Redmi Note Touchscreen Tidak Fungsi Sebagian

Mengatasi Xiaomi Redmi Note Touchscreen Tidak Fungsi Sebagian


Nah untuk yang terjadi msalah layar tidak berfungsi sebagian karena sebelumnya tidak terjadi apa-apa atau tiba-tiba layar error, beberapa kemungkinan dan cara mengatasinya :
  • Jika sebelumnya atau hari kemarin menginstall aplikasi baru, cobalah untuk menguninstall aplikasi tersebut. Bisa jadi aplikasi itulah yang membuat layar menjadi error. Entah karena memang versi aplikasi yang tidak compatible dengan versi android yang digunakan atau karena memang aplikasinya kurang sempurna sehingga membuat beban pada system menjadi kacau, atau memang dari system yang tidak kuat menjalankan aplikasi tersebut dan semuanya berimbas pada konektivitas layar. 
  • Jika sebelumnya tidak merasa menambah aplikasi, cobalah untuk lakukan kalibrasi dahulu. Siapa tahu memang dari sensitivitas layar sudah mulai menurun sehingga kadar ukur sentuhan sudah berbeda. Untuk melakukan kalibrasi biasanya berbeda-beda, tetapi pada umumnya letak kalibrasi ada di Menu Pengaturan kemudian pilih tampilan dan disitu biasanya ada menu layar, cari pada area itu untuk pilihan Kalibrasi. Lakukan kalibrasi sesuai perintah hingga selesai kemudian restart.
  • Jika belum menyelesaikan masalah, cobalah untuk lakukan reset factory agar akar dari permasalahan bisa hilang dan aplikasi bawaan bisa lebih enteng karena cache yang menumpuk kembali nol. tetapi jangan lupa untuk cara ini akan menghilangkan semua data termasuk aplikasi update, foto, video, dan juga data-data lainnya. Lakukan backup pada micro SD semua data yangtersimpan di internal kemudian copot kartu SD dan lakukan reset factory. Cara melakukan reset factory ada di menu pengaturan kemudian pilih paling bawah biasanya tertulis "kembali ke pengaturan awal" atau "reset pabrik" atau "kembali ke setelan pabrik" dan lain sejenisnya.

Untuk masalah Xiaomi error tidak fungsi sebagian akibat sebelumnya terjadi benturan atau kemasukan air, bisa jadi hanya ada masalah pada jalur. Di Redmi Note yang paling sering terjadi adalah kabel fleksi atau flexible socket yang kendor dari dudukan menuju layar atau terdapat kerak. Untuk mengatasinya, cobalah untuk membuka casing. Tapi jika anda ragu membuka casing karena masih garansi maka disarankan untuk bawa ke service center Xiaomi terdekat jika masih masuk masa garansi. Tetapi jika sudah tidak garansi, buka casing dengan menggunakan obeng kecil dan buka di setiap sisinya baut pengikta casing. Setelah terbuka, copot layar dan kabelnya kemudian cek socketnya. Jika ada, gunakan contact cleaner untuk membersihkannya. Setelah itu pasang kembali dan pastikan socket terpasang pada dudukan dengan benar dan kencang. Selanjutnya tutup kembali casing, dan coba nyalakan. Jika layar sudah normal, pasang baut hingga semua terpasang. Tapi jika belum ada perubahan, matikan kembali dan lepas kembali socket kabelnya. Cek apakah ada kaki-kai yang patah dari dudukan atau tidak. Biasanya dengan adanya benturan dan pergeseran socket yang kendor, bisa menyebabkan kaki-kaki socket pada dudukan patah. Bila yang patah terdapat pada socket kabelnya maka perlu penggantian kabel fleksibelnya. Jika yang rusak ada pada dudukannya harus dilakukan penyambungan atau solder. Bagi yang belum berpengalaman melakukan solder ada baiknya bawa ke tukang service dan minta penyolderan.


Demikian beberapa gambaran untuk mengatasi xiaomi error touchscreen yang bisa anda coba siapa tahu sesuai dengan yang anda alami. Untuk penanganan lainnya, jika anda memahami alur dan kinerja dari system android, akan lebih mudah menganalisa permasalahan yang terjadi. Jadi, jangan ragu untuk mencoba agar lebih memahami perangkat yang kita miliki. Smartphone with smart People seharusnya bisa selaras sehingga masalah sepele tidak perlu melakukan penggantian part terlebih  untuk part yang kategori harga mahal. Jika ada cara yang lebih efektif tidak ada salahnya berbagi melalui kolom komentar sehingga bisa kita tambahkan dalam artikel dan bisa membantu teman lain yang mengalami masalah yang sama. Salam.
Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel