Bluetooth Menyala Sendiri di HP Android? Ini Cara Memperbaikinya

Cara Mengatasi Bluetooth HP - Pernah mengatasi Bluetooth Nyala Sendiri dengan tiba-tiba? Bluetooth yang nyala Terus Menerus tidak bisa dimatikan atau dimatikan nyala sendiri lagi. Setiap HP Android entah keluaran terbaru atau keluaran lama pastinya dilengkapi dengan fitur Bluetooth untuk memudahkan mentransfer data dan aplikasi untuk memudahkan para penggunanya. Saat ini peran Bluetooth di HP Android sudah mulai tergeser dengan aplikasi sharing yang banyak muncul seiring berkembangnya teknologi. Karena memang tidak bisa dipungkiri, aplikasi tersebut bisa sepuluh kali lebih cepat untuk mentransfer data dan aplikasi antar perangkat yang kamu butuhkan. Entah  Headset ataupun Speaker yang menggunakan penghubung melalui Bluetooth.


Memperbaiki Bluetooth yang Menyala Sendiri  di HP android ini perlu beberapa cara yang bisa dilakukan. Saat ini masih banyak yang setia dan bertahan dengan Bluetooth karena perangkat penghubung yang dimilikinya masih menggunakan Bluetooth. Mungkin karena akses yang lebih mudah dan aman membuat mereka masih menggemari pemakaian Bluetooth hingga saat ini. Apalagi Bluetooth juga tidak memerlukan jaringan internet, berbeda dengan aplikasi sharing yang ada saat ini.


Nah, bagi kamu yang masih setia menggunakan fitur Bluetooth, mungkin pernah mendapati Bluetooth yang sering nyala sendiri padahal kamu sedang tidak menggunakannya. Dan sudah menonaktifkannya secara manual berkali-kali. Pasti kamu bertanya-tanya apakah sebenarnya yang menjadi penyebab Bluetooth yang menyala sendiri dan bagaimana mengatasinya dengan solusi terbaik.


Cara Mengatasi Bluetooth Nyala Sendiri di HP Android

Cara Mengatasi Bluetooth Nyala Sendiri di HP Android

Nah, keberadaan saya disini akan membantu anda merekomendasikan cara-cara apa saja yang bisa kamu lakukan unuk mengatasi masalah Bluetooth yang menyala sendiri.
 

Penyebab Bluetooth Menyala Sendiri

Berikut beberapa Penyebab Bluetooth menyala sendiri, antara lain:

  • Malfungsi system Android
  • Pengaturan GPS yang mengharuskan Bluetooth aktif terus
  • Beberapa aplikasi ketiga yag terinstal dan mengharuskan Bluetooth aktif terus
  • Terlalu banyak data yang tersimpan di Bluetooth 
  • Belum diperbaruinya system Android termasuk aplikasi Bluetooth.

 

Setelah sedikit banyak kita tahu beberapa penyebab Bluetooth menyala sendiri, sekarang saatnya kita mencari solusi terbaik cara mengatasi masalah ini.
 

Memperbaiki Bluetooth Sering Nyala

Beberapa opsi dibawah ini bisa kamu coba satu persatu:
 

1. Restart HP Android
Cara ini adalah cara ampuh yang biasa dilakukan untuk mengatasi berbagai masalah yang terjadi di HP Android. Tidak menutup kemungkinan, dengan restart HP Android bisa mengatasi Bluetooth  yang menyala sendiri. Karena dengan restart HP hampir semua aplikasi yang ada didalam HP akan memuat ulang sistemnya dan otomatis Bluetooth juga akan mati.

2. Menonatifkan Fitur GPS
Cara kedua yang bisa kamu lakukan adalah dengan mematikan fitur GPS yang ada di HP Android, kemudian matikan juga fitur Bluetooth setelah itu. Biasanya fitur GPS mengaktifkan fitur Bluetooth dengan sendirinya, jadi sebaiknya kamu mematikan fitur GPS maka fitur Bluetooth akan mati dengan sendirinya.


3. Matikan Aplikasi Berbagi
Seperti yang kita bahas di awal tadi sekarang banyak sekali aplikasi berbagi yang muncul menggantikan Bluetooth. Misalnya Share It, Share anyway, portal dan lain-lain. Biasanya aplikasi tersebut mengharuskan Bluetooth  menyala secara otomatis. Maka tugas kamu hanya melakukan Force Stop (berhenti paksa) aplikasi ketiga tersebut. 

Caranya adalah sebagai berikut:

  • Kamu hanya perlu menuju ke Pegaturan
  • Lalu menu aplikasi Sharing yang teinstall tersebut
  • Kemudian tap Force Stop.

 

Jika sudah, silahkan kamu merestart HP Android kamu dan lihat apakah Bluetooth masih menyala sendiri atau kah tidak. Jika ternyata masih, maka kamu harus melakukan opsi berikutnya, yaitu dengan Uninstall aplikasi sharing tersebut. Caranya dengan menekan lama pada aplikasi tersebut kemudian tap uninstall, setelah itu kamu bisa merestart ulang HP kamu. Kemudian cek ulang apakah cara tersebut sudah bisa mengatasi Bluetooth kamu yang menyala sendiri ataukah belum. Jika memang beum kamu bis melakuak opsi berikutnya.

4. Reset Jaringan
Dengan melakukan Reset Jaringan HP Android kamu maka pengaturan jaringan akan kembali seperti saat HP kamu seperti baru lagi. Tidak akan terkoneksi dengan jaringan apapun dan tidak mengaktifkan fitur jaringan apapun, seperti mobile data dan Bluetooth.
 

Caran yang bisa anda lakukan adalah sebagai berikut:

  • Buka menu Pengaturan di HP Android kamu
  • Pilih menu Pengaturan Sistem
  • Scroll kebawah dan pilih Atur Ulang pengaturan Jaringan.
  • Selanjutnya pilih Setel Ulang Setelan atau Reset Setelan dibagian bawah.
  • Selanjutnya pengaturan Jaringan akan otomatis tereset ulang
  • Jika sudah selesai, cek lagi apakah Bluetooth masih menyala sendiri atau udah berhasil diatasi.


5. Matikan Aplikasi Pemicu
Ada kemungkinan aplikasi yang baru saja kamu install adalah penyebab masalah Bluetooth ini nyala sendiri. Tugas kamu adalah mengingat lagi aplikasi apakah yang kamu install tepat sebelum masalah ini terjadi. Jika kamu sudah mengingatnya tugas kedua kamu adalah menguninstall aplikasi tersebut. Jika sudah, kamu bisa melakukan restart HP, selanjutnya silahkan kamu cek apakah Bluetooth masih menyala sendiri atau tidak. Jika tidak, berarti benar penyebab Bluetooth menyala sendiri dipicu aplikasi tersebut.

6. Hapus Data Bluetooth
Setiap aplikasi yang terinstall di HP Android, entah itu aplikasi bawaan ataukah aplikasi yang kamu install sendiri pasti menyimpan banyak data didalamnya. Jika data tersebut menumpuk maka akan menyebabkan bug. Maka penting sekali untuk menghapus data tersebut secara berkala.
 

Caranya adalah sebagai berikut:

  • Silahkan kamu pergi ke menu Pengaturan
  • Lalu menu Aplikasi
  • Lalu menu Bluetooth
  • Dan kemudian Hapus Data
  • Setelah selesai kamu bisa cek lagi apakah Bluetooth masih menyala sendiri atau tidak

 

7.  Perbarui Sistem Android
Terkadang banyak sekali pengguna yang mengabaikan notifikasi pembaruan software di layar utama. Padahal memperbarui system Android sangatlah penting untuk kinerja HP Android tersebut. Jika versi masih yang lama, akan banyak menyebabkan masalah karena mungkin banyak bug yang tersimpan sehingga performa HP menurun. Maka kamu harus memastikan HP kamu berada di versi terbaru.
 

Caranya adalah sebagai berikut:

  • Pastikan HP sudah terkoneksi dengan jaringan Wifi atau paket data
  • Pastikan baterai tidak kurang dari 50%
  • Kemudian buka menu Pengaturan
  • Scroll kebawah dan pilih menu Pembaruan Sistem
  • Pilih Update jika tersedia software versi terbaru.
  • Lalu kamu tinggal menunggu pembaruan system selesai.



8. Lakukan Reset HP Android
Jika semua cara diatas sudah kamu lakukan dan ternyata masih belum bisa mengatasi Bluetooth yang menyala sendiri, maka opsi terakhir ini bisa kamu coba lakukan, yaitu Reset HP Android.
Karena dengan Reset Factory, HP kamu akan kembali seperti pengaturan pabrik atau bisa dibilang seperti HP baru lagi, itu artinya semua data akan otomatis terhapus, maka saya sarankan sebaiknya kamu melakukan pencadangan data dan aplikasi sebelum melakukan Reset Factory agar data dan aplikasi kamu tidak terhapus.
 

Caranya:

  • Pergi ke menu Pengaturan
  • Lalu pilih menu Tentang Ponsel
  • Lalu tap Reset Factory
  • Tunggu sampai proses tersebut selesai

 

Jika sudah menyelesaikan Reset HP berarti HP kamu akan kembali seperti pengaturan pabrik dan masalah Bluetooth yang nyala sendiri akan teratasi. Diharapkan artikel Mengatasi Bluetooth Nyala Sendiri ini dapat membantu kamu dalam mengatasi masalah Bluetooth yang menyala sendiri dan mengatasi rasa penasaran dan kegalauan kamu akan masalah ini. Semoga bermanfaat. Terimakasih.


Belum ada Komentar untuk "Bluetooth Menyala Sendiri di HP Android? Ini Cara Memperbaikinya"

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Baca Juga:

Daftar HP 4G murah TerbaruCara Membuat Game Android
Daftar HP Android dibawah 1 jutaDaftar Hp samsung Termurah