Cara Mengatasi Speaker HP Mati atau Kresek-kresek Karena Kemasukan Air

Mengatasi Speaker Android - Saat ini  pengunaan HP memang sangat meningkat. Bagaimana tidak? Hampir segala aktifitas menggunakan HP di masa pandemic ini. Yang mengharuskan sekolah dan bekerja dirumah menggunakan HP. Mulai dari memudahkan komunikasi,belajar daring dengan zoom, mendengarkan music atau menonton video. Sehingga tidak dapat dipungkiri peran speaker sangat penting untuk kelangsungan aktifitas HP.  Bagaimana jika Speaker HP Kemasukan Air tiba-tiba tidak mengeluarkan suara atau suara kresek-kresek seperti radio rusak, bisa jadi hal tersebut disebabkan karena speaker HP kemasukan air, maka mengakibatkan sound tidak bunyi sebagaimana mestinya. Pernahkah kamu mengalami kejadian menyebalkan diatas? 

 

Speaker Hp kena Air dan suara jadi kresek-kresek bahkan mati. Tentunya akan tidak nyaman sekali ketika kita menggunakan HP dan masalah tersebut menyerang. Saat kita mendengarkan music atau saat bertelponan, speaker mengeluarkan bunyi berisik atau malah tidak mengeluarkan suara sama sekali. Menyebalkan bukan?


Banyak sekali cara untuk mengatasi masalah speaker yang kemasukan air, langkah awalnya  kamu bisa membersihkan permukaan speakernya atau dengan cara menjemur HP sehingga embun-embun akan menghilang, ditaksir cara ini bisa membantu mengatasi masalah speaker tersebut. Biasanya masalah yang muncul jika speaker kemasukan air adalah:

  • Speaker mengeluarkan suara yang kecil
  • Speaker mengeluarkan suara tidak jelas
  • Suara menjadi cempereng
  • Mengeluarkan suara berisik seperti kemresek
  • Atau bahkan speaker tidak mengeluarkan suara sama sekali

 

 Cara Mengatasi Speaker HP Kemasukan Air

 


 

Speaker sendiri adalah komponen yang bisa dilakukan penggantian jika masalah terjadi tanpa harus melakukan penggantian HP dengan yang baru. Tapi sebelum kamu berfikir untuk membawa HP ke tempat service atau untuk mengganti yang baru  ada baiknya kamu mencoba cara yang saya rekomendasikan dibawah ini. Sebelum kondisi speaker semakin parah kamu bisa melakukan cara dibawah ini untuk mengatasi speaker yang kemasukan air.


Cara-caranya adalah sebagai berikut:
 

1. Contact Cleaner
Speaker yang diduga kemasukan air biasanya akan kotor sehingga bunyi speaker akan kresek-kresek atau tidak mengeluarkan suara sama sekali. Kamu dapat mencoba membersihkan komponen speaker dengan menggunakan kapas. Silahkan membuka casing belakang HP kamu dan bersihkan speaker dengan perlahan. Jika tipe HP kamu adalah baterai tanam dan tidak memungkinkan untuk melepas casingnya maka  solusinya adalah bersihkan speaker HP dengan jarum atau sejenisnya secara perlahan. Tidak menutup kemungkinan cara inipun bisa membantu membersihkan komponen speaker. Setelahnya anda bisa mengecek apakah speaker sudah mengeluarkan suara yang bagus atau memang belum bisa teratasi. Jika anda punya Contact Cleaner (biasanya beli di toko part elektronika) untuk menyemprot bagian yang terkena air kemudian keringkan dan bersihkan dengan kapas atau tissue.

Mengatasi Speaker HP Kemasukan Air



2. Periksa pengaturan Volume HP
Untuk metode ini, kamu harus memastikan benar-benar apakah suara benar-benar kurang jelas ataukah kurang keras. Karena terkadang masalahnya bukan dari air yang masuk kedalam speaker melainkan pengaturan volume itu sendiri. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Pertama silahkan menuju menu Settings
  • Lalu kamu bisa buka menu Suara
  • Kemudian kamu bisa atur Volume dengan menaikkan menjadi maximal
  • Lalu lakukan pengecekan suara ini dengan memutar music di aplikasi music yang kamu miliki misalnya.
  • Pastikan benar-benar apakah suara sudah kembali normal atau belum teratasi juga.

 

3.  Menggunakan Kode untuk Test Speaker
Metode test speaker dilansir cukup ampuh untuk mengecek apakah speaker benar-benar rusak, ataukah ternyata masih baik-baik saja. Untuk setiap merk HP memiliki kode test speaker yang berbeda-beda, sehingga jika kode yang saya sharing dibawah tidak sesuai dengan merk HP kamu, kamu bisa mencari kode tersebut diGoogle untuk melakukan test speaker yang sesuai dengan merk HP kamu. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Kamu bisa membuka menu Dial di Hp kamu
  • Silahkan ketik kode sesuai dengan merk HP kamu.
    • Kode HP Samsung *#0*#
    • Kode HP Vivo *#558#
    • Kode HP Oppo *#800#
    • Kode HP Realme *#*#4636#*#*
    • Kode HP Asus *#*#2664#*#*
    • Kode HP Xiomi *#*#64663#*#*
  • Setelah kamu menekan kode tersebut, akan muncul pengetesan Hardware
  • Kemudian kamu bisa cek speaker di halaman tersebut.
  • Jika sudah menggunakan metode ini tetapi tetap tidak bersuara, berarti benar speaker HP kamu sudah mengalami kerusakan.


4. Keringkan dengan Menggunakan Hairdyer
Seperti yang kita ketahui, Hairdryer mengeluarkan angin panas dan tidak menutup kemungkinan ini bisa membantu mengeringkan embun yang menempel pada speaker. Langkah-langkah mengeringkan menggunakan  hairdryer mudah sekali:

  • Silahkan kamu nyalakan hairdryer pada suhu yang paling rendah, dengan tujuan agar suhu HP tidak terlalu panas saat proses pengeringan.
  • Lalu kemudian arahkan ke Speaker yang diduga kemasukan air
  • Beri jeda sedikit, misalnya 10 detik dipanaskan, 5 detik didinginkan, sampai kira-kira embun sudah menghilang di speaker tersebut.

Cara ini biasanya digunakan untuk HP yang removable baterai, jadi ketika menggunakan cara ini, casing HP harus dibuka dan melepas baterai, agar pengeringan dilakukan dengan maximal.
 

 

5. Keringkan dengan Kipas Angin
Tidak semua pengguna memiliki hairdryer, maka kipas angin adalah pilihan kedua yang bisa dicoba untuk menghilangkan embun pada speaker. Caranyapun hampir sama, dengan mengarahkan kipas angin ke arah speaker dan tunggu sampai 3-5jam. Kemudian bisa nyalakan HP lalu cek apakah masalah speaker sudah teratasi atau belum.
 

6. Keringkan dengan menggunakan Beras
Tidak sedikit pengguna yang memanfaatkan beras sebagai media mengeringkan HP yang terkena air, misalnya habis kehujanan. Dilasir beras memiliki sifat yang dapat menyerap air dengan baik, sehingga bisa jadi embun yang ada di speaker bisa hilang dengan menggunakan metode ini. Step-stepnya adalah sebagai berikut:

  • Siapkan secukupnya beras ( sekiranya HP kamu bisa terkubur dalam semangkuk beras tersebut).
  • Lepaskan HP dan baterainya ( jika memang HP tipe removable baterai)
  • Kemudian kubur  semua bagian HP kedalam beras tersebut dan kamu tunggu sampai semalaman atau paling lama 3-5 hari.
  • Setelah selesai kamu bisa menyalakan HP kamu kembali dan cek ulang fungsi speaker tersebut apakah sudah teratasi ataukah masih sama saja.

 

7.  Service HP
Jika sampai tahap ini kamu belum menemukan hasil yang berarti pada speaker, maka cara terakhir ini bisa kamu lakukan segera, yaitu mengganti komponen speaker HP. Seperti kita ketahui penggantian speaker  bukanlah hal yang mudah, maka jika kamu tidak terbiasa mengganti komponen speaker lebih baik kamu menyerahkan pada tenaga ahli yang biasa menangani hal tersebut. Solusi terbaik adalah membawa HP kamu ke service center sesuai dengan merk HP kamu atau tempat service HP terdekat. Saya sarankan kamu menyiapkan budget sekitar 100rb hingga 300rb untuk penggantian komponen speaker ini. Jika HP kamu masih garansi biasanya akan ada pengurangan biaya atau diskon atau mungkin malah gratis, tapi biasanya memerlukan waktu yang sedikit lebih lama.
 

Jika ada masalah baterai tanam yang drop, anda bisa cek solusinya di Cara Mengatasi Baterai Tanam Ngedrop

Demikian beberapa cara yang bisa saya rekomendasikan untuk mengatasi masalah HP yang kemasukan air. Semoga cara diatas berhasil mengatasinya tanpa harus membawanya ke tukang service untuk penggantian komponen. Selamat mencoba. Semoga berhasil. Terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatasi Speaker HP Mati atau Kresek-kresek Karena Kemasukan Air"

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Baca Juga:

Daftar HP 4G murah TerbaruCara Membuat Game Android
Daftar HP Android dibawah 1 jutaDaftar Hp samsung Termurah