Mengatasi Kecerahan HP Berubah Sendiri Terang Redup

Kecerahan Layar HP - Jika tiba-tiba layar android anda redup terang sendiri pasti menjengkelkan bukan? Apalagi ketika kita sedang menggunakannya untuk beraktifitas. Dan hampir semua pengguna android pasti pernah merasakannya. Layar HP kecerahan berubah sendiri yang mengalami masalah redup dan terang sendiri disaat yang tidak tepat bisa disebabkan oleh sensor cahaya yang bermasalah. Tetapi jika masalah tersebut hanyalah tentang kalibrasi maka anda tidak perlu terlalu menghawatirkannya karena hal ini masih bisa diperbaiki.
 

Sekarang ini bukan saatnya anda berlarut-larut dalam masalah yang menjengkelkan ini, sudah saatnya anda mengatasi dengan cara yang saya akan bagikan dibawah ini. Jangan tergesa untuk membawanya ke service center jika cara dibawah ini ampuh untuk mengatasinya. Sebelum kita mulai mengatasinya, ada baiknya kita sedikit mengetahui penyebab masalah ini terjadi. Sebenarnya bisa saja penyebabnya adalah kurangnya efisiensi saat HP digunakan, misalkan saat HP sedang dalam pengisian daya, tetapi tetap digunakan beraktifitas, main game misalnya.

 

Layar HP Brightness naik turun sendiri penyebab lainnya bisa karena HP pernah masuk ke air, HP pernah terjatuh dari ketinggian, HP pernah tergencet dan lain-lain. Alhasil membuat HP mengalami penigkatan panas yang berlebih sehingga LCD mengalami penurunan sensitivitas.

Mengatasi Kecerahan HP Berubah Sendiri Terang Redup

Mengatasi Kecerahan HP Berubah Sendiri Terang Redup


Berikut dibawah akan kita bahas satu persatu langkah yang bisa diambil sebagai berikut:

1. Menonaktifkan Fitur Kecerahan Adaptif
Sebenarnya yang harus kita lakukan hanyalah menonaktifkan fitur kecerahan adaptif ini, atau dengan nama lain kecerahan otomatis. Caranya sebagai berikut:

  • Masuk kedalam menu Pengaturan
  • Lalu pilih menu Tampilan
  • Lalu cari menu Kecerahan Adaptif
  • Lalu silahkan menonaktifkan fitur tersebut dengan menggeser tombolnya kekanan
  • Setelah selesai, anda bisa melihat hasilnya, layar anda akan menjadi normal seperti yang anda inginkan.



2. Bersihkan Cache di HP Android Anda
Layar HP yang tiba-tiba redup dan terang sendiri, bisa jadi disebabkan karena banyak cache yang menumpuk karena tidak pernah dibersihkan, hal ini bisa menyebabkan prosesor lemot sehingga akan mempengaruhi proses pencahayaan pada layar HP Android Anda. Oleh karena itu sangat saya sarankan untuk mencoba cara ampuh yang kedua ini, yaitu dengan membersihkan Cache  pada HP Android anda.
Biasanya, para pengguna android lebih suka menggunakan aplikasi ketiga untuk membersihkan cache secara keseluruhan, mengingat jika menggunakan tools yang ada di HP harus menghapus cache aplikasi satu persatu. Di Google Play Store sudah banyak sekali aplikasi cleaner yang disediakan, anda tinggal memilih salah satunya, misalnya CCleaner, One Booster, KeepCleaner dan masih banyak yang lain.

3. Melakukan Kalibrasi Sensor Cahaya
Opsi  satu ini bisa anda coba lakukan juga, dengan membenahi sensor cahaya supaya berfungsi sebagaimana mestinya. Cara ini biasanya akan berhasil, selama ini bukan menyerang hardwarenya. Untuk kebanyakan type dan merek HP, kode dibawah ini kebanyakan berhasil:

*#*#0589#*#*

  • Setelah anda menekan kode diatas, menu kalibrasi akan muncul, silahkan ikuti instruksi yang ada sampai selesai.
  • Jika di beberapa ponsel tidak berhasil dengan menggunakan kode diatas, saya sarankan untuk mendownload aplikasi ketiga bernama Lux Meter. Aplikasi tersebut memiliki fitur untuk mengkalibrasi sensor cahaya didalamnya.


4.  Restart HP Anda
Ini memang cara yang sangat biasa untuk mengatasi semua masalah yang muncul di HP Android, tapi jangan salah, dengan Restart HP, sebagian besar masalah yang muncul akan teratasi, termasuk redupnya layar yang anda keluhkan. Dengan cara ini, semua aplikasi yang ada dan ternyata masih aktif akan mati, lalu komponen lainnya akan bekerja normal seperti biasa. Caranyapun anda pasti sudah mengetahuinya, anda tinggal tekan tombol power, lalu pilih restart.

5. Bersihkan Socket
Bisa jadi, penyebab dari layar yang redup dan terang sendiri adalah soket yang kotor, maka ada baiknya anda melakukan pembersihan dengan cara dibawah ini:

  • Matikan HP Android Anda
  • Buka Casing depan belakang
  • Buka casing bagian dalam dengan obeng kecil
  • Anda bisa mencabut soketnya lalu anda bisa membersihkannya dengan contact cleaner
  • Jika anda tidak memiliki contact cleaner anda bisa memanfaatkan minyak kayu putih.
  • Tunggu hingga kering
  • Setelah itu anda bisa memasangnya kembali dan memastikan soket tepat pada tempatnya supaya tidak mudah kendor
  • Setelah selesai anda bisa memasang kembali casing dan nyalakan HP Android anda.



6. Menonaktifkan Opsi Developer
Tidak menutup kemungkinan, opsi Developer yang aktif bisa menggangu tingkat kecerahan layar HP. Maka yang bisa anda lakukan adalah menonaktifkan fitur tersebut.

  • Anda bisa masuk kedalam menu Pengaturan
  • Jika menu opsi Developer terlihat disana berarti fitur ini sedang aktif, jika tidak ada maka tidak aktif maka anda tidak perlu melakukan cara ini.


7. Unroot HP
Tidak menutup kemungkinan, layar HP yang redup terang sendiri diakibatkan dari proses rooting Android. Proses ini biasanya dilakukan untuk mendownload aplikasi yang tidak disediakan oleh Android. Proses ini memang sedikit beresiko, maka lebih baik anda  mendownload aplikasi yang memang tersedia di Google Play Store. Karena Rooting Android sendiri mempunyai beberapa resiko yang mungkin terjadi. Salah satunya error pada software misalnya kecerahan pada layar HP. Ada baiknya anda melakukan unroot supaya layar redup sendiri pada HP anda segera teratasi.


8. Reset Factory HP Android
Jika memang sampai cara ini, masalah anda belum teratasi, anda bisa mencoba opsi satu ini, yaitu Reset Factory atau dengan kata lain anda mengembalikan HP anda seperti pengaturan pabrik. Caranya yaitu dengan :

  • Anda bisa masuk kedalam pengaturan
  • Cari dan pilih menu Tentang
  • Lalu tap Factory Reset


Beberapa type HP mungkin berbeda letak menu factory Reset ini, maka dari itu anda tinggal menyesuaikan atau bisa menggunakan kolom search untuk mencarinya. Ada baiknya sebelum anda melakukan opsi yang satu ini, sebelumnya anda mencadangkan data-data dan aplikasi yang ada didalam HP Android anda, karena seperti yang kita tahu, Reset Factory akan menghapus semua data dan aplikasi didalam ponsel lalu mengembalikan seperti ponsel baru.

9.  Penggantian LCD
Cara ini adalah cara terakhir yang bisa saya sarankan jika semua cara sebelumnya sudah anda coba lakukan tetapi tidak menemukan hasil yang berarti. Karena mengingat harga LCD yang mungkin bagi sebagian orang tidak ramah dikantong alias tergolong mahal. Bila anda sebelumnya pernah mengganti LCD maka saya sarankan untuk membeli online komponen yang sesuai dengan type HP anda, atau membeli LCD yang second tetapi masih bagus lalu menggantinya sendiri itu akan menekan budget. Jika anda tidak bisa menggantinya sendiri, maka solusi terbaik adalah menyerahkan kepada tenaga ahli dengan membawanya ke service center sesuai merk HP atau ke konter service HP.


Tidak menutup kemungkinan jika memang masih bergaransi, mungkin LCD anda akan digantikan dengan yang baru dan tidak mengeluarkan biaya lagi. Beberapa cara yang saya ulas diatas diharapkan bisa membantu anda mengatasi masalah HP Android yang tiba-tiba redup terang sendiri. Semoga membantu. Terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "Mengatasi Kecerahan HP Berubah Sendiri Terang Redup"

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Baca Juga:

Daftar HP 4G murah TerbaruCara Membuat Game Android
Daftar HP Android dibawah 1 jutaDaftar Hp samsung Termurah