Cara Mengatasi Baterai Tanam Yang Drop

Baterai HP Androidmu boros atau cepat lowbat? sebagian besar saat ini baterai hp menggunakan baterai tanam atau non-removable yang memang baterai tidak bisa dilepas. Lalu bagaimana cara mengatasi baterai cepat lowbat di hp baterai tanam? biasanya baterai tanam yang performanya sudah turun ditandai dengan drop atau dicas cepat penuh tapi tiba-tiba habis. Ini berarti kinerja baterai sudah tidak lagi normal.

Baterai tanam yang drop dipengaruhi oleh banyak faktor. Selain memang umur pakai jika hp mu sudah berusia 3-5 tahun, secara normal memang kinerja baterai akan menurun. Namun jika hp masih baru apalagi baru beberapa bulan tetapi sudah drop, perlu ditelusuri mengapa terjadi hal ini dan bagaimana cara memperbaikinya? Tidak perlu khawatir, kali ini kita akan mengulas masalah ini.

Cara Mengatasi Baterai Tanam Yang Drop

Cara Mengatasi Baterai Tanam Yang Drop


Jika baterai tanam Android rusak, ataupun hp baterai tanam mati total sebenarnya bisa kita cari tahu apa penyebabnya yang mungkin bisa kita selesaikan sendiri dan perbaiki sendiri tanpa harus ganti baru. Ada beberapa hal yang sebenarnya bisa dilakukan perbaikan untuk mengatasi baterai tanam yang drop, antara lain :

Cara Mengatasi Baterai Tanam Borosdan Cepat Lowbat

  • Hapus Aplikasi Penyedot Daya Besar
    Bisa dibilang saat ini banyak sekali kebutuhan aplikasi yang kita gunakan di smartphone. Yang tadinya tidak butuh menjadi sekarang terasa dibutuhkan sekali aplikasi itu. Namun perlu diingat beberapa aplikasi memakan banyak daya sehingga menyebabkan kinerja baterai jadi lebih sering. Aplikasi yang memakan banyak daya antara lain aplikasi yang memaksa online terus menerus, atau aplikasi yang bekerja di latar belakang namun tetap aktif selama hp dihidupkan. Jika aplikasi jenis ini tidak terlalu penting bagi anda, ada baiknya hapus aplikasi agar tidak membuat baterai cepat rusak.
  • Cek Temperature Baterai
    Idealnya suhu smartphone yaitu 18-35. Jika suhunya lebih rendah dari 18 derajat maka baterai akan mengalami penurunan kapasitas, jika lebih dari 35 C maka bisa merusak komponen lainnya. Dalam hal ini anda bisa menghindari menaruh handphone ditempat yang memiliki temperature tinggi seperti diatas dashboard mobil, diatas TV, atau bahkan mungkin ditaruh dijok motor dengan kondisi handphone masih menyala. Serta hindari menggunakan handphone hingga panas, istirahatkan smartphone anda jika anda pegang saja sudah terasa panas. Untuk mengetahui temperature handphone anda bisa menggunakan aplikasi pengecek temperature.
  • Kalibrasi Baterai
    Ketika kinerja baterai sudah benar-benar menurun, anda harus memeriksa tentang kondisi baterai tersebut. Lakukan analisa mengapa baterai tersebut mengalami penurunan kinerja.  Baterai mengalami penurunan kinerja pasti ada penyebabnya. Entah anda mengetahuinya atau tidak. Semua hal pasti ada penyebabnya sehingga bisa diketahui bagaimana cara untuk mengatasinya. Dengan mengetahui penyebab terjadinya penurunan kinerja baterai, akan semakin mudah untuk anda melakukan antisipasi atau pencegahan atau perbaikan. Dengan menggunakan kalibrasi, anda bisa memperbaiki baterai tanam yang bocor. Kalibrasi ini berbeda dengan kalibrasi layar pada smartphone. Untuk melakukan kalibrasi baterai anda membutuhkan waktu yang lama karena akan terjadi proses berulang-ulang dalam waktu yang relatif lama. Kalibrasi ini bisa dilakukan dengan 4 tahap pengisian baterai. Cara untuk melakukan kalibrasi baterai adalah sebagai berikut:
    •     Gunakan smartphone hingga baterai habis
    •     Lakukan pengisian dengan mematikan smartphone hingga pengisian penuh 100%
    •     Gunakan smartphone hingga baterai hampir mendekati 0 %
    •     Lakukan pengisian dengan smartphone tetap dinyalakan hingga pengisian penuh 100%
    •     Gunakan smartphone hingga baterai habis
    •     Lakukan pengisian dengan mematikan smartphone hingga pengisian penuh 100%
    •     Hidupkan kembali smartphone

Syarat baterai masih bisa dilakukan Kalibrasi:
  1. Kondisi fisik baterai tidak menggembung, seringkali kondisi seperti ini akan merusak casing ponsel.
  2. Baterai tidak terkena air atau terendam air, jika terjadi segera jemur sampai benar - benar kering.
  3. Bebas dari kerusakan fisik lainnya dalam arti batre HP harus dalam keadaan baik sebelumnya.
  • Update System
    Sistem di HP android atau OS lain yang sednag bermasalah juga bisa menjadi penyebab indikator baterai tidak presisi. Untuk memastikannya, apakah baterai masih bagus atau memang sistem yang error bisa juga melalui cara kalibrasi baterai. Selain itu, anda bisa mencoba melakukan pembaharuan system yang tersedia pada masing-masing OS di notifikasi brand yang ada. Bisa anda cek pada menu pengaturan>>tentang>>pembaharuan

Demikian mengenai Cara Mengatasi Baterai Tanam Yang Drop yang bisa anda coba lakukan sebelum mengganti hp baru atau mengganti baterai tanam baru yang mungkin memerlukan budget lumayan besar. Tetapi jika cara-cara di atas tidak berhasil memang kemungkinan besar baterai sudah saatnya diganti. Bagi beberapa orang, penggantian baterai tanam pada hp tidak disarankan karena secara hitungan lebih baik ganti hp baru karena kurang lebih akan sama saja harganya.


Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel