Cara Mengatasi Touchscreen Tidak Bisa Disentuh Sebagian

 Mengatasi Layar Sentuh - Pernah berfikir untuk bagaimana cara mengatasi layar sentuh yang tidak bisa disentuh ketika kita mengalami touchscreen sering loncat-loncat atau tidak berfungsi sebagian. Salah sat masalah yang sering dihadapi bagi pengguna smartphone sekarang adalah masalah layar atau LCD yang mengalami masalah seperti layar tidak berfungsi sebagian, layar sering loncat, layar tidak bisa disentuh, dan lain sebagainya yang berkutat pada masalah LCD saja. Sebab saat ini memang hampir semua smartphone menggunakan layar full screen dengan mengandalkan segalanya pada sentuhan.

 

Touchscreen Tidak Bisa Disentuh Sebagian atau seluruhnya yang mengalami error, adalah salah satu yang paling sering dialami ketika kita menjadi pengguna smartphone atau hp layar sentuh baik sudah alama ataupun hp yang dalam kategori baru. Jika masih baru atau masih garansi mungkin enak, kita bisa langsung klaim garansi ke Lokasi Service Center terdekat yang mungkin akan dilakukan layanan purna jual ketika memang terjadi malfungtion pada produk. Tapi bagaimana jika untuk hp yang sudah garansi? atau sekalipun garansi ternyata akibat penggunaan kita dan tidak masuk dalam asuransi purna jual? tidak perlu khawatir. Ada beberapa yang bisa kita lakukan untuk mencoba mengatasi atau memperbaiki layar tidak bisa disentuh sebagian.


Mengatasi layar sentuh error sebagian memang tidak mudah, tetapi juga belum tentu sulit dan tidak mesti harus mengganti hardware atau ganti LCD baru. Hal ini sangat bergantung pada tingkat kerusakan. Bisa jadi hanya error saja dan hanya masalah lain yang sebenarnya masih bisa diperbaiki melalui sistem, bukan dari perangkat atau hardwarenya. 


Cara Mengatasi Layar Sentuh Tidak Berfungsi Sebagian

Ketika mengalami beberapa hal terkait layar sentuh seperti :

  • cara mengatasi layar sentuh error sebagian
  • cara mengatasi touchscreen tidak bisa disentuh
  • cara mengatasi touchscreen mencet sendiri
  • cara mengatasi touchscreen bergerak sendiri

ada beberapa hal yang mungkin menyebabkan hal ini terjadi, antara lain :


Penyebab Layar Sentuh Error Tidak Bisa Disentuh Sebagian

layar sentuh yang tidak bergerak atau tidak bisa disentuh sebagian, biasa disebut dengan istilah Dead Spot. Ada beberapa kemungkinan, diantaranya :

  • Masalah Screen Guard, karena kadang jika pemasangan screen guard tidak presisi, akan menyebabkan layar sebagian tidak berfungsi akibat kerataan dari permukaan yang menempel berbeda dengan bidang lainnya. Jika screen guard pada layar hp anda terlihat ada kotoran masuk atau angin atau terlihat tidak rata, kemungkinan masalahnya hanya ini. Anda bisa melakukan replace atau mengganti dengan yang baru.
  • Overheat pada LCD. Sebagian LCD smart menggunakan fitur auto ketika layar terlalu panas pada derajat tertentu maka layar otomatis mengunci untuk menghindari kerusakan. Jika hp anda mengalami error layar pada saat panas saja kemungkinan masalahnya adalah ini. 
  • Adanya bugs pada System. Untuk mengatasi kita akan bahas di bawah nanti
  • Jika layar error hanya pada saat dicharger atau saat pengisian kemungkinan daya dari pengisian tidak stabil. Anda bisa coba mengganti charger dengan yang original atau yang lebih baik.
  • LCD memang sudah mulai rusak (Hardware)

 

LCD Overheat atau panas berlebih

Mari kita bahas yang overheat dulu. Jika layar sering error pada saat panas dan ketika tidak panas maka normal kembali, ada beberapa kemungkinan. Pertama kemungkinan memang dari setelan auto protection temperature sehingga saat panas berlebih akan otomatis mengunci. Nah, panas berlebih ini yang seharusnya diperbaiki. Penggunaan sehingga menjadi panas, artinya ada penggunaan yang tidak wajar seperti digunakan saat mengisi atau charging, atau menggunakan game online dengan durasi yang lama sehingga menyebabkan kinerja smartphone terasa berat. 


System Error

Kemungkinan lain, anda bisa mencoba melakukan setingan Pointer Location untuk mengembalikan system yang error. Caranya:

  • Masuk ke pengaturanatau Setting
  • Setelah itu pilih bagian bawah pada About
  • Akan muncul tentang informasi ponsel dan nomor Build, pada Build Number, tap sebanyak 5 kali atau 7 kali (beda merk kadang beda) hingga muncul tab mode pengembang
  • Setelah pada halaman mode pengembang klik pada Developers Options dan akan ketemu menu Pointer Location
  • Centang pada Pointer Location 

Setelah aktif, maka setiap menyentuh layar akan muncul garis. Gunakan fitur ini untuk menyentuh semua area pada layar dan melakukan kalibrasi. Jika semua bagian pada layar ketika disentuh muncul garis, artinya secara hardware layar kita masih bagus, berarti ketika ada masalah hp layar sentuh mati sebagian, bukan karena kerusakan layar melainkan kerusakan sistem. Namun jika pada langkah ini juga masih mengalami masalah atau error, kemungkinan besar memang perlu mengganti LCD baru. 


Touchscreen Connector Rusak

Salah satu yang membuat layar kurang merespon atau kadang respon kadang tidak bisa karena hardware misalnya socket dari LCD yang kendor atau ada hambatan sehingga secara arus kadang tersambung kadang tidak. Untuk melakukan pengecekan:

  • Buka penutup belakang hp, dan buka cover dengan membuka baut menggunakan obeng kecil
  • Buka semua penutup hingga terlihat LCD dan kabel fleksibelnya
  • Cobalah cek sambungan socket dengan membukanya
  • Semprot menggunakan cairan contact cleaner sebagai pembersih dari socketnya
  • Kemudian pasang lagi dan pastikan kencang dan tidak ada kaki-kaki yang patah

 Bila masih belum ada perubahan artinya memang dari LCD harus diganti dengan yang baru.

 

Ganti LCD Baru

Langkah ini disarankan hanya untuk yang sudah pernah melakukan atau sudah berpengalaman karena memiliki resiko cukup tinggi. Anda perlu menyiapkan alat-alat seperti obeng, pinset, dan LCD baru yang akan dipasang. Jika anda ingin melakukan penggantian LCD sendiri, ada beberapa yang perlu anda siapkan :

  • LCD Baru
  • Obeng kecil (philips sesuai nomer)
  • Lem UHU
  • 4 Ways Plastic Spudger

Untuk membukanya, buka cover seperti biasa kemudian anda bisa melepas baterainya. Setelah itu copot socketnya. Setelah Socket terlepas, angkat LCD, biasanya masih ada lemnya, jadi harus dicongkel menggunakan plat atau misalnya kartu atm untuk membantu membukanya, Setelah itu bersihkan bekas lemnya. Jangan lupa pasang LCD baru dan pasang socketnya dahulu dan cek apakah menyala, untuk memastikan LCD bekerja, Jangan sampai LCD sudah dilem kemudian ternyata tidak menyala.


Sekali lagi, cara Mengatasi Touchscreen Tidak Bisa Disentuh Sebagian untuk penggantian LCD disarankan hanya untuk yang sudah pernah, Makanya kita jelaskan secara singkat saja dengan harapan yang mencoba adalah yang sudah benar-benar paham. Jika belum pernah, akan lebih baik menghubung teknisi terdekat dan berkonsultasi untuk masalah ini. Salam.



 

 

 






Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatasi Touchscreen Tidak Bisa Disentuh Sebagian"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel