Cara Membuat Lem Kaca Sendiri

Kita bisa membuat Lem Kaca sendiri jika kita butuh mengelem kaca di rumah. Lem kaca buatan ini jauh lebih rekat dan awet dalam menempelkan permukaan kaca jenis apapun terlebih untuk media yang sulit. Cara membuat lem kaca pastinya tidak sesulit yang kita bayangkan kok. Dengan bahan-bahan yang mduah didapat kita bisa menciptakan lem kaca yang sangat kuat dan bisa dijadikan lahan usaha baru produksi lem kaca.

Membuat lem Kaca sendiri sebenarnya sudah populer menggunakan putih telur. Namun biasanya jika hanya putih telur saja kemungkinan bisa lepas untuk beberapa waktu akibat cuaca. Untuk itu putih telur perlu ditambahkan beberapa bahan agar lebih rekat, kuat dan tahan dalam suhu apapun hingga jangka waktu yang panjang.


Cara Membuat Lem Kaca

 Untuk membuat Lem Kaca, ada beberapa bahan yang harus dipersiapkan, antara lain :
Air bersih             : 70cc
Telur ayam           :  2 butir
Gom arab coklat   : 1 Ons
*) Ini adalah takaran dasar. Banyaknya kebutuhan Lem bisa anda sesuaikan dengan takarannya.

Cara membuat Lem Kaca:
  1. Rendam Gom arab coklat dengan air bersih di ember  selama 24 jam agar meleleh.
  2. Selanjutnya masukan Putih telur dan aduk hingga Gom dan putih telur bercampur rata
  3. Jika sudah rata, masukkan ke dalam botol dan tutup rapat
  4. Lem Kaca sudah bisa digunakan

Cara penggunaannya sama seperti lem kaca biasa yaitu dengan mengoleskan lem ke permukaan kaca kemudian beri beban atau ikatan dan tunggu hingga kering. Jika sudah kering maka lem sudah merekat sempurna.

Selain untuk mengelem perabotan berjenis kaca seperti aquarium dan etalase, lem ini juga bisa digunakan untuk mengelem barang lain yang terbuat dari kaca lainnya seperti genteng kaca bening, kaca pagar tangga, atau untuk memasang kaca jendela.

Itulah cara membuat lem kaca sendiri yang bsia anda coba di rumah. Kebanyakan orang yang sudah membuatnya biasanya ditambah dengan tepung kulit kerang, yaitu kulit kerang atau cangkang yang digiling menjadi tepung. tepung ini berfungsi mengentalkan dan mengikat lem ketika kering agar tetap menempel pada permukaan kaca.


Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel