Cara Benar Mengasah Mata Gergaji dengan Kikir

Pernah berfikir untuk mengasah gergaji potong yang sudah tumpul? khususnya untuk gergaji kayu, kita harus tahu betul jika ingin menajamkan atau mengasah gergaji karena jika salah mengikir bilahnya maka tidak bisa digunakan alias rusak. Bagi anda yang belum pernah mengikir gergaji secara manual maka perlu mengetahui bagaimana cara mengikir setiap bagian mata gergaji agar menjadi tajam. Jika salah, maka gergaji hanya akan habis terkikis oleh kikir tapi tidak tajam.

Mengasah gergaji potong dan belah memang harus mengetahui caranya agar keinginan untuk membuat mata gergaji menjadi tajam bisa tercapai. Berikut ini cara mengasah gergaji dengan benar agar didapatkan gergaji yang tajam sesuai yang diinginkan.

Cara Mengasah Gergaji Kayu

Ada beberapa jenis gergaji yang bisa kita gunakan terus menerus dan bisa diasah, ada pula yang hanya sekali pakai dan dibuang seperti gergaji kualitas rendah dua sisi yang biasanya untui memotong pvc atau pipa. Jenisnya pun beragam, ada yang fungsinya hanya untuk memotong atau hanya untuk membelah, istilahnya adalah gergaji belah. Perbedaannya :

  • Gergaji potong : Fungsi memotong melintang dari arah serat kayu
  • Gergaji belah.  : Fungsinya untuk memotong searah dengan arah serat kayu

Cara Mengasah Gergaji Kayu


Nah untuk gergaji potong, kita bisa mengikirnya atau mengasahnya agar bisa menjadi tajam kembali. Sebelumnya persiapkan dahulu alat asahnya yaitu kikir kecil yang dapat masuk ke sela-sela gig atau mata gergaji. Cara mengasahnya :

  • Lakukan asahan dengan gerakan menggesekkan kikir posisi kikir miring kira - kira 30 derajat ke setiap mata gergaji , yaitu digesekkan di kedua sisinya
  • Genggam gagang Kikir dengan tangan kanan sementara ujung kikir dengan tangan kiri
  • Gesekkan secara teratur kearah depan setelah sampai pangkal kikir angkat, kemudian ulang 2 atau 3 kali. jangan menarik kikir kebelakang
  • Jika anda memiliki gergaji potong dan ingin mengubah jadi gergaji belah, sebelum anda asah dengan kikir, rentangkan dulu gerigi2 gergaji kearah yang sesuai dengan sisi tajam gerigi. Lebar rentang gerigi antara 0,2mm sampai 0,3mm.
  • Jika masih tetap ingin dengan jenis gergaji potong, ikuti bekas mata gergajinya.
  • Lakukan satu sisi dahulu dari ujung hingga pangkal, karena mengasah satu sisi maka mengasahnya dilewati satu mata gergaji tiap selahnya, Untuk lebih jelasnya ada bisa melihat bekas kemiringan dari masing2 gergaji.
  • Jika sudah selesai, kemudian kita balik ke sisi sebehalnya, yang kita asah atau kikir adalah mata gergaji yang sebelumnya dilewati
  • Setelah selesai, renggangkan atau bengkokkan mata gergaji  ke arah masuk sehingga sisi kiri renggangkan ke dalam arah kanan begitu juga sebaliknya. renggangkan 0,5mm - 1mm saja. Kalau terlalu dipaksakan renggang, malah bisa patah mata gergajinya.

Pada umumnya, Gergaji baru (dari toko) umumnya mempunyai Type standar yaitu kerenggangan gerigi seperti jenis gergaji potong, sedangkan ketajamannya dibentuk seperti gergaji belah. Sehingga ketika anda membeli pertama kali bisa anda gunakan untuk keduanya. Untuk mengasahnya anda juga hanya mengikuti bekas ketajaman di masing-masing mata saja. Demikian Cara mengasah gergaji potong dan belah yang bisa anda coba untuk mengasah ketajaman gergaji kayu. Semoga tulsian di atas bisa membantu anda untuk yang sedang ingin mencoba mengasah gergaji. Salam.
Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel