Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang di Xiaomi

HP Android sedang naik daun sekarang. Pada masa awal Apple telah mengatur kecepatan untuk smartphone dengan ponsel yang dirancang secara futuristik dan sistem operasi iOS. Namun, selama bertahun-tahun Android telah bekerja tanpa henti untuk menyempurnakan sistem operasinya. Versi Android yang tersedia saat ini dapat bersaing dengan iOS. UI Android lebih ramah pengguna dan App Store lebih beragam jika dibandingkan dengan iOS. Android berkembang melalui brand Samsung, Vivo, Oppo, Xiaomi, dan beberapa dertan pabrikan smartphone asal china yang merajai tanah air.

Xiaomi, salah satu smartphone Android yang telah membangun dan mempertahankan reputasinya di Indonesia. Dengan perpustakaan besar aplikasi yang tersedia di Play Store secara gratis dan juga pembelian, memudahkan pengguna memilih segala macam kebutuhan aplikasi. Tapi sayangnya, beberapa Xiaomi yang tidak sempurna. Ada kemungkinan pemasangan Aplikasi Anda terhalang dan Anda mungkin menemukan kesalahan "Aplikasi tidak terpasang". Kesalahan dapat muncul dengan sendirinya dalam bentuk "Aplikasi tidak diinstal" atau "Aplikasi apk tidak terinstal".

Kesalahan Aplikasi tidak Terpasang Android adalah kesalahan yang sangat membuat frustrasi dan dapat disebabkan karena beberapa alasan. Di sini kita akan melihat ikhtisar alasan yang dapat menyebabkan kesalahan ini. Setelah memahami alasannya, kami akan mempelajari langkah-langkah untuk memperbaiki masalah bagi pengguna Xiaomi. Cara ini juga sebenarnya bisa digunakan di semua android seperti Samsung, Vivo, Oppo, dan semua OS android.


Penyebab Kesalahan "Aplikasi Tidak Terpasang" di Xiaomi

Kenapa aplikasi tidak bisa terpasang di hp xiaomi?  Kemungkinan Penyebab Kesalahan "Aplikasi Tidak Terinstal".

Untuk memahami langkah-langkah memperbaiki kesalahan "aplikasi tidak terpasang" pertama-tama kita harus memahami beberapa aspek teknis dari alasannya. Ada beberapa alasan mengapa Anda menghadapi masalah ini., antara lain:

  • File Rusak – file rusak dapat menyebabkan banyak masalah untuk perangkat Anda. Itu dapat memblokir penginstalan aplikasi Anda, memblokirnya agar tidak berjalan, dan menyebabkan kerusakan yang tidak terduga. Karena file yang membuat aplikasi berjalan sangat banyak, sulit untuk mengidentifikasi akar penyebabnya. Ada beberapa tersangka biasa yang harus dibersihkan untuk memperbaiki masalah ini.
  • Penyimpanan Terbatas – aplikasi memerlukan jumlah penyimpanan yang bervariasi berdasarkan ukuran dan fungsinya. Semakin kompleks aplikasinya, semakin banyak ruang yang dibutuhkan. Jika Anda tidak memiliki jumlah penyimpanan yang diperlukan untuk menyimpan file root atau penyimpanan tambahan untuk file yang disimpan, aplikasi Anda pada akhirnya akan mogok.
  • Izin Sistem Tidak Memadai – keuntungan mengunduh aplikasi dari Play store adalah mereka diverifikasi dan memiliki izin yang diperlukan untuk berfungsi. Jika aplikasi tidak diunduh dengan benar atau telah diunduh dari sumber pihak ketiga, aplikasi tersebut mungkin tidak memiliki izin yang diperlukan untuk berfungsi. Anda harus secara manual pergi ke pengaturan dan memperbaiki kesalahan ini.
  • Aplikasi yang Tidak Memiliki Otorisasi– Aplikasi yang tidak diotorisasi adalah nama yang diberikan untuk aplikasi yang tidak tersedia di Play store. Karena alasan keamanan, aplikasi ini tidak diizinkan untuk menginstal otoritas pada perangkat Anda. Untuk menginstal aplikasi ini, Anda harus mengizinkan perangkat Anda menginstal dari sumber yang tidak dikenal.
  • Versi Aplikasi Tidak Kompatibel dengan Versi Androidmu – perangkat Anda memerlukan pembaruan berkelanjutan untuk menghapus bug dan menambahkan perubahan pada versi yang ada. Aplikasi harus melalui pembaruan serupa untuk mengikuti pembaruan Android. Jika versi aplikasi Anda tidak kompatibel dengan versi Android maka aplikasi Anda pasti gagal berfungsi.
  • Kesalahan File – Anda mungkin telah mengunduh aplikasi di ponsel Anda, tetapi variannya berbeda. Jika aplikasi ini memiliki sertifikat atau otorisasi yang berbeda, maka itu akan menyebabkan kesalahan "aplikasi tidak diinstal" muncul. Masalah ini mudah diperbaiki dengan mengunduh versi asli dengan sertifikasi yang benar.
  • Kartu Memori tidak Terpasang di Perangkat – ini adalah situasi yang sangat berbeda dan terjadi dalam situasi tertentu. Jika perangkat Anda terhubung ke yang lain, seperti PC, dan Anda mencoba menginstal perangkat lunak, Anda mungkin menghadapi kesalahan "aplikasi tidak diinstal". Ini karena kartu SD Anda akan dipasang di PC Anda dan tidak dapat diakses oleh perangkat Anda. Dalam hal ini, Anda harus memutuskan sambungan dari PC dan mencoba menginstal ulang aplikasi.

 

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang di Xiaomi

cara mengatasi aplikasi tidak terinstal di redmi

Sekarang kita telah melihat semua hal yang bisa salah dengan pemasangan aplikasi Anda, mari kita lakukan langkah-langkah untuk memperbaiki masalah ini. Anda harus memperhatikan bahwa langkah-langkah berikut ini untuk Android versi terbaru. Jika ponsel cerdas Anda adalah salah satu model lama, langkah-langkah ini mungkin tidak berhasil untuk Anda.


1. Cek ijin akses Instalasi dari Sumber Tidak Dikenal

Anda dapat menemukan sebagian besar aplikasi yang diperlukan di Google Play Store untuk diunduh. Keuntungan dari aplikasi ini adalah aplikasi tersebut diverifikasi oleh Android dan tidak akan diblokir oleh sistem Anda. Namun, ada perangkat lunak yang tidak tersedia di app store. Ini harus diunduh dari situs web pihak ketiga.

Untuk mengunduh aplikasi dari sumber yang tidak dikenal, seseorang harus mengizinkannya. Hal ini dapat dilakukan sebagai berikut

  •  Buka Pengaturan dan klik "Aplikasi / Aplikasi & Pemberitahuan".
  • Klik "Info aplikasi"
  • Arahkan ke Aplikasi yang menyebabkan kesalahan "aplikasi tidak terpasang". Mari kita ambil Chrome sebagai contoh.


 

  • Buka Chrome dan klik "Lanjutan". Buka "Instal Aplikasi Tidak Dikenal".
  • Pilih untuk "Izinkan dari sumber ini".
  • Coba jalankan aplikasi lagi.

 

 2. Gunakan Editor APK 

APK Android (paket Aplikasi) adalah format file yang menyimpan informasi yang diperlukan agar aplikasi dapat berjalan dengan baik. Jika salah satu dari file ini tidak diinstal, diinstal secara tidak benar, atau rusak, maka aplikasi akan gagal setiap kali Anda mencoba menjalankannya.

Aplikasi standar terdiri dari sejumlah besar file dan ratusan file apk. Akan sulit untuk mengidentifikasi apk yang rusak tanpa menggunakan alat. Opsi terbaik adalah menggunakan Editor APK. Anda dapat mengunduh editor APK dari Google Play Store Anda.

Untuk memahami langkah-langkahnya, kami akan mengambil APK Editor Pro sebagai contoh. Perhatikan bahwa Anda harus menghapus aplikasi versi saat ini untuk menghindari masalah.

  • Buka aplikasi dan pilih "Pilih file APK" atau "Pilih APK dari aplikasi" berdasarkan kebutuhan Anda.
  • Melalui daftar aplikasi, temukan aplikasi yang perlu diperbaiki. Klik dan pilih "Common Edit" dari drop-down.
  • Di Common Edit Anda dapat mengubah Lokasi Pemasangan menjadi "Hanya Internal". Perhatikan bahwa editor APK Anda mungkin memberi Anda opsi untuk memilih versi aplikasi.
  • Klik tombol simpan dan jalankan instalasi.
  • Setelah terinstal coba jalankan aplikasi dan lihat apakah masalahnya ada.

 

 

3. Nonaktifkan Google Play Protect

Meskipun Google Play berfungsi sebagai pustaka aplikasi, ia memiliki peran yang jauh lebih besar dalam hal keamanan sistem. Google Play Protect bertanggung jawab untuk mendeteksi aplikasi pihak ketiga yang tidak tersedia di toko dan memblokir unduhannya. Ini dilakukan karena aplikasi pihak ketiga diperlakukan sebagai perangkat lunak berbahaya.

Jika Google Play Protect memblokir aplikasi Anda, maka Anda akan melihat kesalahan "aplikasi tidak terpasang". Satu-satunya cara untuk mengunduh aplikasi ini adalah dengan menonaktifkan Google Play Protect.

  • Buka Play Store dan klik tombol "Menu"
  • Di Menu, cari opsi bertanda "Play Protect".
  • Pada menu Play Protect, buka opsi Pengaturan.
  • Di dalam pengaturan, nonaktifkan "Pindai aplikasi dengan Play Protect" dengan mengklik tombol sakelar. Anda dapat menjalankan penginstalan aplikasi sekarang.
  • Setelah aplikasi diinstal, kembali ke Play store dan jangan lupa mengembalikan setelan sebelumnya dengan mengaktifkan Play Protect.

 

4. Atur Ulang Preferensi Aplikasi

Jika Anda mencoba mengakses aplikasi dan melihat kesalahan "aplikasi tidak diinstal", aplikasi Anda mungkin tidak diberikan preferensi yang diperlukan. Untuk memperbaiki kesalahan ini, Anda harus mengatur ulang preferensi aplikasi Anda. Gunakan langkah-langkah berikut.

  • Pergi ke pengaturan. Cari "Aplikasi / Aplikasi & Pemberitahuan" dan klik di atasnya.
  • Klik "Info Aplikasi". Di sini klik pada opsi menu di kanan atas. Di drop-down pilih "Reset preferensi aplikasi".
  • Di kotak dialog yang terbuka, pilih Atur Ulang Aplikasi. Ini akan mengatur ulang preferensi untuk semua aplikasi tanpa memengaruhi data yang disimpan.
  • Tinggalkan pengaturan dan coba buka aplikasi.



5. Hapus Penyimpanan & Cache dari Penginstal Paket

Penginstal paket bertanggung jawab untuk memandu aplikasi dengan penginstalan. Jika penginstal paket memiliki file yang rusak di penyimpanannya maka ini dapat menyebabkan aplikasi Anda tidak terpasang dengan benar. Anda dapat menghapus penyimpanan cache menggunakan langkah-langkah berikut.

  • Pergi ke pengaturan. Buka “Aplikasi/Aplikasi & Notifikasi”.
  • Di sini buka "Info Aplikasi".
  • Di Info Aplikasi klik tombol menu kanan atas dan periksa apakah "Tampilkan Sistem" aktif.
  • Sekarang, cari aplikasi bertanda “Package Installer”.
  • Di sini pergi ke "Storage & cache" dan klik "Clear Cache" dan kemudian "Clear Storage".
  • Nyalakan ulang perangkat Anda dan coba instal aplikasi lagi.


Jika tidak ada solusi di atas yang membantu Anda memperbaiki masalah, maka satu-satunya opsi yang tersisa adalah sebagai berikut

  • Anda dapat menunggu aplikasi tersedia di app store setelah diverifikasi.
  • Cari alternatif aplikasi di play store.
  • Hubungi pengembang dan beri tahu mereka tentang masalahnya. Mereka mungkin memperbaiki bug dan mengirimi Anda tautan unduhan yang lebih andal.

 

Kesalahan Aplikasi tidak diinstal di Xiaomi adalah kesalahan yang sangat umum, terutama di antara aplikasi yang diunduh dari sumber pihak ketiga. Ini umum karena aplikasi tidak diverifikasi agar kompatibel dengan versi Android saat ini. Namun, seperti yang disebutkan di atas, alasan kesalahan ini bisa banyak. Ikuti salah satu langkah yang tertulis di atas dan Anda pasti akan menyingkirkan masalah ini.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang di Xiaomi"

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Baca Juga:

Daftar HP 4G murah TerbaruCara Membuat Game Android
Daftar HP Android dibawah 1 jutaDaftar Hp samsung Termurah