Penyebab dan Mengatasi Kamera di HP Android Tidak Bisa Fokus

Pernah mengalami saat ingin mengambil gambar ternyata auto-focus nya susah atau hasilnya ngeblur? mengapa aplikasi Kamera Tidak Bisa Fokus? apakah termasuk ada crash atau kerusakan? Kamera ponsel saat ini pada hp android pada dasarnya sudah memiliki kamera dengan spesifikasi yang cukup tinggi dan kualitas yang baik. Namun ada beberapa yang memang memiliki kecenderungan fokus yang tidak bekerja seperti misalnya pada Samsung Galaxy S5, atau Xiaomi pada tipe-tipe tertentu. Secara umum, ketika layar diketuk untuk memfokuskan sesuatu yang beberapa meter jauhnya sebelum mengambil gambar, lingkaran hijau muncul yang berarti bahwa kamera fokus. Tetapi kadang yang terjadi adalah jika mengalami masalah, lingkaran hijau tidak muncul dan gambar yang diambil benar-benar buram.

Penyebab Kamera Android tidak bisa fokus terjadi oleh beberapa faktor mulai dari faktor software hingga hardware, seperti misalnya:
  • Ada crash pada system kamera (software)
  • HP sering terjatuh (hardware)
  • Kinerja ponsel menurun sehingga semua file dan aplikasi dukungan kamera tidak bisa berjalan dengan sempurna (software)

 Penyebab dan Mengatasi Kamera di HP Android Tidak Bisa Fokus

Mengatasi Kamera di HP Android Tidak Bisa Fokus


Kami telah mendaftarkan beberapa langkah yang mungkin bermanfaat yang dapat membantu Anda menyingkirkan masalah ini dengan mudah.

Cara Mengatasi Kamera Tidak Fokus Pada HP Android


Cara 1
Aplikasi kamera di ponsel Anda bisa rusak atau fitur fokus bisa rusak, dan masalahnya pada "Fokus Kamera Tidak bekerja". Dalam hal ini, Anda harus menghapus cache aplikasi kamera. Untuk melakukannya, buka Pengaturan> Manajer Aplikasi> Semua Aplikasi> sekarang temukan aplikasi Kamera. Klik pada aplikasi dan hapus cache aplikasi. Kemudian restart ponsel Anda dan periksa apakah lingkaran hijau muncul di layar saat mengambil foto.


Cara 2
Setelah membersihkan cache pada aplikasi kamera ternyata masih belum muncul autofocusnya, maka kemungkinan ada aplikasi pihak ketiga yang menyebabkan masalah. Booting smartphone Anda ke Safe Mode. Dalam mode ini, semua aplikasi pihak ketiga akan dinonaktifkan.. Jika pada safe mode tidak ada masalah atau tidak ada warning apapun, maka salah satu aplikasi pihak ketiga adalah pelakunya. Jadi hapus instalan aplikasi satu per satu.

Cara Booting ke Safe Mode:
  • Matikan perangkat atau smartphone anda
  • Kemudian tekan tombol daya selama beberapa detik hingga logo muncul di layar.
  • Lepaskan tombol daya dan tekan tombol Volume turun. Telepon akan dihidupkan ulang.
  • Tahan tombol itu hingga telepon dihidupkan ulang sepenuhnya.
  • Ini akan menampilkan mode aman di sudut kiri bawah ponsel dan lepaskan tombol itu.


Setelah Anda yakin ini hanya aplikasi pihak ketiga yang membuat masalah ini, hapus instalannya satu per satu dengan masuk ke Pengaturan> Aplikasi> Manajer aplikasi> geser ke opsi yang diunduh> pilih aplikasi yang diinginkan> hapus instalan dan akhirnya tekan OK.


Cara 3
Trik lain yang sangat sederhana namun cukup bermanfaat yang dibagikan oleh salah satu pembaca kami adalah dengan hanya menampar telepon dua kali atau tiga kali di bagian belakang atas persis di mana letak kamera belakang  dan melihat perbedaannya pada kualitas gambar. Langkah ini telah terbukti sangat membantu bagi banyak pengguna, jadi Anda juga dapat mencobanya untuk melihat apakah ini dapat membantu fokus pada kamera anda. Ini adalah salah satu cara jika ponsel menampilkan kamera yang blur akibat sering terjatuh.


Cara 4
Terkadang bug di aplikasi kamera dapat menyebabkan fitur fokus tidak bertindak dengan benar. Jika ini masalahnya, pertama-tama hapus cache aplikasi dari pengaturan seperti yang dijelaskan dalam cara 1 atau Anda juga dapat menghapus partisi cache untuk memperbaiki masalah ini. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah di bawah ini:
  • Matikan perangkat
  • Selanjutnya tahan tombol Home, Power, dan Volume Up selama beberapa detik dan ketika telepon bergetar, lepaskan tombol daya tetapi terus menahan dua tombol lainnya.
  • Setelah beberapa detik, layar pemulihan sistem Android akan muncul di layar. Lepaskan semua tombol.
  • Gunakan tombol Volume turun untuk menyorot opsi apa saja dan tombol Daya untuk mengonfirmasi. Sorot hapus partisi cache dan konfirmasikan dengan menggunakan tombol daya.
  • Selanjutnya pilih opsi ‘Reboot System Now’ dan telepon akan restart.

Anda juga bisa membaca :


Cara 5
Akhirnya Anda dapat melakukan reset pabrik tetapi itu akan menghapus semuanya dari perangkat dan Anda harus mengaturnya dari awal. Untuk melakukan reset pabrik, buka Pengaturan> Cadangkan & reset> Reset data pabrik dan hanya itu. Ini akan menghapus semuanya dari perangkat.


Demikian beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk melakukan perbaikan pada kamera android tidak bisa fokus. Semoga apa yang sudah dipaparkan bisa membantu anda dalam mengatasi masalah kamera sehingga ponsel anda lebih baik setelah membaca ini. Jangan ragu untuk berkomentar jika ada hal yang perlu ditambahkan atau ada cara yang lebih mudah dan lebih efektif agar bisa kami tambahkan untuk bisa dibaca oleh pembaca lain. Salam.

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Baca Juga:

Daftar HP 4G murah TerbaruCara Membuat Game Android
Daftar HP Android dibawah 1 jutaDaftar Hp samsung Termurah