Cara Mengatasi Baterai HP yang Tidak Bisa Penuh di Android

Tips Android - Pernah mengalami baterai hp diisi tidak bisa penuh? Jika smartphone milik anda ketika dices atau dicharger mengisi dengan seperti biasanya tapi tidak bisa penuh, jangan langsung menganggap pengisi baterai atau chargernya yang bermasalah karena banyak faktor yang menyebabkan masalah ini. Dan pengisi baterai bermasalah hanya salah satunya. Berdasarkan pengalaman pribadi, sebenarnya mungkin jauh lebih sederhana masalahnya daripada yang Anda pikirkan.

Cara mengatasi baterai hp yang tidak bisa penuh sebenarnya disebabkan oleh beberapa hal. Jika ponsel atau tablet anda tidak mengisi daya penuh cobalah untuk mengecek beberapa bagian ini karena kemungkinan ada masalah pada bagian-bagian ini. Untuk lebih jelasnya berikut penyebab baterai tidak bisa penuh dan cara mengatasinya.

Penyebab dan Cara mengatasi baterai hp yang tidak bisa penuh

Penyebab dan Cara mengatasi baterai hp yang tidak bisa penuh


 Penyebab baterai hp yang tidak bisa penuh

Masalah ini terjadi dalam berbagai alasan dan penyebab sehingga kita harus mengetahui faktor penyebabnya. Misalnya jika hp anda akan terisi sangat lambat, atau baterai hp yang lama terisi tapi cepat habisnya seolah indikator persentase bateraibukan aslinya. Ini keluhan yang sangat umum, jadi inilah beberapa solusi. Sebagian besar masalah pengisian terkait dengan kabel USB atau pengisi daya, atau bahkan port dari lubang pengisian di hp itu sendiri. Untuk lebih jelasnya sudah kita list beberapa penyebab dan cara mengatasi hp tidak penuh baterainya.


1. Port USB Bermasalah
Solusi tercepat, termudah, dan seringkali paling sukses, adalah melakukan sedikit perbaikan pada lubang port pengisian di hp. Masalahnya seringkali permukaan logam di dalam port USB dan pengisi daya microUSB tidak melakukan kontak yang baik, baik melalui cacat produksi atau karena penyumbatan yang terus menerus dan pencabutan kabel pengisian daya.

Yang perlu Anda lakukan adalah:
  • Matikan hp android anda
  • Jika memungkinkan melepas baterai, lepas baterai, jika non-removable tidak bisa dilepas ya biarkan saja
  • Semprot bagian lubang socket pengisian baterai dengan cairan contact cleaner
  • Diamkan beberapa saat agar kerak yang ada di dalam lubang bisa terkelupas
  • Gunakan peniti untuk mengorok lubang agar kerak yang menempel pada lubang bisa terangkat
  • Setelah itu, ambil tissue dan masukkan dengan tusuk gigi pada lubang colokan charger untuk menarik kerak dan kotoran keluar
  • Lakukan dengan sangat hati-hati dan lembut
  • Nyalakan kembali hp anda dan coba lakukan pengisian
  • Jika berhasil maka waktu yang dibutuhkan untuk pengisian lebih cepat dan baterai bisa terisi penuh
 Mengapa bisa berkerak? nah tanpa sadar ketika kita menyimpan hp dalam saku, bersamaan dengan uang misalnya, yang kotorannya masuk ke dalam lubang pengisian. Atau memasukkan hp pada tas yang didalamnya ada permen, cokelat, atau serat kain dan debu-debu yang menyebabkan lubang charger kemasukan debu sehingga lama kelamaan akan menjadi kerak dan mengganggu konduksi dari pengisian charging hp android kita.


2. Kabel USB Bermasalah

Bagian paling rawan rusak dari pengisi daya adalah kabel, bukan adaptor yang dihubungkan ke stopkontak. Pengguna Android dan iPhone khususnya sangat rentan di sini karena dalam mobilitasnya kabel sering diperlakukan tidak benar seperti ditekuk, digulung, pengeritingan, dan juga tertarik kencang. Nah, biasanya gejala kabel rusak salah satunya adalah pengisian baterai tidak bisa penuh. Cara mengatasinya cobalah untuk melakukan charging pada charger dengan kabel data lain dan bedakan durasinya. Usahakan kabel data yang digunakan juga kabel data original misalanya pinjam teman. Jika lebih cepat maka kabel USB bermasalah. Solusinya beli kabel data original atau kabel data yang bagus.


3. Baterai Bermasalah

Idealnya, sebuah baterai dari smartphone yang bagus memiliki kapasitas life time sekitar 2 hingga 3 tahun. Jika smartphone anda sudah berusia lebih dari itu dan memiliki masalah baterai tidak bisa penuh maka bisa dibilang wajar dan butuh penggantian baterai. Untuk jenis smartphone baterai yang bisa dilepas akan mudah membeli baterai baru, namun untuk smartphone yang non-removable battery maka perlu penggantian baterai dengan bantuan teknisi hp yang berpengalaman. Jika anda berniat mengganti sendiri, pastikan untuk membeli baterai dengan jenis seri yang sama dan bisa memasangnya. Untuk pemasangan anda bisa melihat tutorialnya di Youtube.

Jika masih masa garansi dari smartphone yang anda miliki, ada baiknya lakukan klaim ke service center terdekat agar bisa dilakukan penggantian.


Beberapa baterai yang rusak mudah dikenali karena baterai mulai menggelembung atau bocor. Jika  posisi baterai bisa dibuka, lepaskan penutup perangkat Anda dan periksa baterai (karena beberapa perangkat memiliki segel baterai tertutup). Jika penutup baterai tidak bisa dilepas tidak lepas, Anda dapat mencoba meletakkan hp di meja kaca yang rata kemudian memutarnya. Baterai yang menggelembung akan terlihat menonjol pada body dan jika diputar di permukaan rata maka smartphone bisa berputar. Jika ini masalahnya solusinya ganti baterai adalah solusi yang tepat.


4. System Bermasalah
Selain hardware, software jika bisa menjadi penyebab dari kegagalan pengisian. Misalnya saja system android yang corrupt dan kebetulan file yang corrupt atau rusak adalah file perintah pengisian daya atau perintah indikator daya sehingga meskipun belum 100% pengisian, seolah pengisian terhenti alirannya secara otomatis. Ini terjadi biasanya untuk smartphone yang memiliki versi android sudah terlalu tua sehingga perlu melakukan pembaharuan system. Versi perangkat lunak terbaru selalu disarankan untuk menjaga perangkat Anda terlindungi dan tetap memiliki kinerja yang optimal.

Untuk mengecek versi dan memeriksa pembaharuan, klik Pengaturan> Tentang Ponsel


5. Matikan Koneksi dan Sinyal Saat Pengisian

Menggunakan aplikasi atau fitur yang memerlukan penggunaan baterai seperti aplikasi online messaging saat mengisi akan memengaruhi seberapa cepat daya tahan baterai. Jika Anda mengisi daya saat hp digunakan apalagi pada kecerahan layar 100 persen, perangkat secara alami akan membutuhkan waktu lebih lama untuk diisi daripada dengan layarnya, Wi-Fi dan 4G dimatikan.

Ada baiknya saat pengisian, matikan data koneksi internet, jika memang masih membutuhkan pesan SMS atau telepon masuk. Atau bisa juga alihkan ke mode pesawat agar sinyal dan koneksi data terhenti. Yang paling bagus, jika memungkinkan perlu mematikan smartphone anda agar pengisian bisa berjalan dengan maksimal.

Baca Juga:
Cara memperbaiki baterai tanam mati total
Cara mengatasi hp "tidak dapat mengisi daya perangkat"
Mengatasi baterai tanam yang kembung


6. Kalibrasi Baterai

Kemungkinan lain, indikator pengisian sudah tidak sinkron dengan kenyataan daya yang masuk sehingga meskipun belum 100% indikator sudah menunjukkan 100% sehingga beberapa saat baru digunakan langsung persentasenya drop. Ada baiknya lakukan rekalibrasi atau kalibrasi ulang dari baterai anda, Cara kalibrasi baterai android anda bisa lihat pada Cara Kalibrasi Baterai Manual Android.

Demikian Cara mengatasi baterai hp yang tidak bisa penuh di Android yang bisa anda coba untuk memperbaiki masalah yang anda hadapi pada smartphone milik anda. Jangan ragu untuk meninggalkan komentar jika beberapa cara di atas bisa bermanfaat bagi anda. Komentar anda bisa memberikan referensi bagi pengunjung lainnya. Semoga yang terpapar kali ini bisa menjadi solusi dan alternatif pilihan mengatasi masalah baterai yang tidak terisi penuh. Salam

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel