Cara Menyalakan Android Mati Kehabisan Baterai di HP Baterai Tanam

Terkadang, agak melelahkan untuk turun dari sofa atau berhenti memainkan game itu dan mengisi daya perangkat Anda saat bilah baterai menyala merah. Tetapi itu menambah frustrasi ketika baterai ponsel Anda akhirnya habis dan mencolokkan pengisi daya untuk mengisi ulang, itu tidak memicu apa pun yang terjadi. Telepon tidak berputar atau bahkan mengisi daya. Anda mencoba melepas dan memasang kembali pengisi daya beberapa kali, tetapi tidak terjadi apa-apa. Satu-satunya hal yang tidak Anda lakukan adalah mengeluarkan baterai karena tidak dapat dilepas. Jika itu terjadi, Anda tidak perlu panik. Solusi di bawah ini akan memandu Anda tentang cara menghidupkan kembali ponsel mati dengan baterai tanam.

HP dengan baterai tanam sangat umum digunakan oleh banyak orang, karena penggunaannya yang praktis dan mudah. Namun, seperti halnya semua perangkat elektronik, HP dengan baterai tanam juga dapat mengalami kerusakan. Kesehatan baterai ponsel Anda mengacu pada status keseluruhan atau masa pakai baterai ponsel Anda, dan menurun seiring waktu semakin banyak Anda menggunakan dan mengisi dayanya. Kesehatan baterai diukur dalam siklus, dengan setiap pengisian daya dari 0 hingga 100% dihitung sebagai satu siklus. Karena semua baterai telepon biasanya adalah baterai lithium-ion atau lithium-polymer, mereka memiliki jumlah siklus yang terbatas. Beberapa pengguna melaporkan bahwa HP mereka mati mendadak dan tidak bisa dihidupkan kembali. Hal ini dapat disebabkan oleh masalah pada baterai, seperti kerusakan fisik pada baterai atau overheat yang menyebabkan kerusakan pada komponen lainnya.

Cara Menyalakan Android Mati Kehabisan Baterai di HP Baterai Tanam

Cara Menyalakan Android Mati Kehabisan Baterai di HP Baterai Tanam

1. Periksa Socket

Mari kita mulai dengan dasar-dasarnya. Anda perlu memastikan bahwa Anda menghubungkan bata pengisi daya ke stopkontak (soket) yang berfungsi. Jika tidak, ponsel Anda tidak akan terisi daya, kurangi bicara tentang booting.

Kami berasumsi bahwa Anda menghabiskan masa pakai baterai Anda - Anda menggunakannya hingga persentase terakhir - dan sekarang Anda mencoba mengisi ulang baterainya. Atau mungkin tiba-tiba mati saat menggunakannya. Dengan cara apa pun itu terjadi, pastikan sumber daya berfungsi.

  • Jika soket daya atau pengisi daya dilengkapi lampu indikator, pastikan sudah menyala.
  • Jika tidak, coba colokkan alat lain ke stopkontak untuk melihat apakah berfungsi.


Jika alat lain tidak berfungsi, Anda telah menemukan pelakunya. Itu berarti stopkontak tidak berfungsi. Bawa pengisi daya Anda ke stopkontak lain untuk melihat apakah itu mengisi daya ponsel Anda.

cara mengatasi HP mati total baterai tanam

2. Coba Pengisi Daya lain

Ponsel baterai non-removable yang tidak mengisi daya dapat disebabkan oleh kerusakan atau pengisi daya yang tidak kompatibel. Setelah memastikan bahwa Anda memiliki stopkontak yang berfungsi, hal selanjutnya untuk menghidupkan kembali baterai ponsel Anda yang tidak dapat dilepas adalah mencoba pengisi daya baru. Mungkin bata pengisi daya atau kabel USB rusak.

  • Pertama, pastikan Anda menggunakan pengisi daya asli yang disertakan dengan ponsel Anda. Jika Anda memiliki penggantinya baru-baru ini, pastikan itu yang disesuaikan untuk perangkat Anda. Pengisi daya dari merek lain terkadang tidak berfungsi dengan beberapa perangkat.
  • Selanjutnya, mulailah dengan mengganti kabel USB ke yang lain jika Anda memiliki banyak kabel.
  • Jika masih tidak mengisi daya perangkat Anda, coba bata pengisi daya lainnya.
  • Terakhir, jika tidak ada yang berfungsi, saatnya menguji pengisi daya dengan telepon lain. Anda dapat menggunakan pengisi daya untuk mengisi daya ponsel teman Anda untuk melihat apakah berfungsi.

 

3. Isi Daya Ponsel Sebentar

Setelah mengesampingkan pengisi daya Anda sebagai alasan ponsel Anda tidak mau mengisi daya atau hidup, saatnya untuk fokus pada ponsel mati itu sendiri. Mulailah dengan mengisi daya ponsel selama beberapa jam. Mungkin sulit bagi baterai Anda untuk mengambil dan mengisi daya secara instan saat sudah habis. Jika Anda telah memecahkan masalah pengisi daya cukup lama, Anda harus tenang dan bersabar dan ikuti prosedur ini:

  • Pastikan pengisi daya berfungsi (Anda dapat mencobanya dengan ponsel lain terlebih dahulu), lalu sambungkan ke ponsel Anda.
  • Sekarang, biarkan mengisi daya selama beberapa jam saat Anda melakukan hal lain. Ini mungkin memakan waktu beberapa menit atau beberapa jam dalam banyak kasus, tetapi jangan mencabutnya.
  • Agar lebih efektif, Anda dapat mencoba mengisi daya dalam semalam.


 4. Periksa Port Pengisian Daya

Jika ponsel Anda masih tidak mengisi daya atau menyala saat ini, Anda mungkin perlu memeriksa port pengisian daya. Kadang-kadang mungkin mengandung uap air atau serat yang menghalangi ponsel Anda untuk mengambil daya dari pengisi daya. Dan dalam banyak kasus, ponsel Anda mungkin menolak mengisi daya jika pin di konektor pengisi daya rusak. Jika itu saja, Anda dapat mencoba memecahkan masalah dengan langkah-langkah di bawah ini.

  • Periksa port pengisian daya pada perangkat Anda untuk mencari kotoran atau kelembapan di dalamnya.
  • Jika Anda menemukannya, Anda dapat mencoba membersihkannya dengan meniupkan udara kering ke dalam port atau menggunakan benda kecil untuk menghilangkan kotoran.
  • Jika ada kelembapan di dalam port, Anda dapat meletakkan ponsel di posisi yang dapat mengering.
  • Jika Anda melihat pin di dalam port bengkok atau patah, hal terbaik yang harus dilakukan adalah membawanya ke pusat layanan. Mencoba memperbaikinya sendiri mungkin lebih berbahaya daripada kebaikan.

Cara Mengatasi HP Mati Karena Kehabisan Baterai Total

5. Coba Paksa Mulai Ulang Ponsel Anda

Kemungkinan baterai sekarang memiliki daya di dalamnya tetapi ponsel Anda menolak untuk muncul karena beberapa gangguan perangkat lunak atau kesalahan perangkat keras. Dalam hal ini, Anda dapat mencoba memulai ulang dengan paksa.

Bukan dengan paksa sebenarnya. Yang Anda butuhkan hanyalah;

  • Colokkan ponsel Anda dengan pengisi daya.
  •  Tekan dan tahan tombol daya setidaknya selama 10-15 detik.


Untungnya, ponsel Anda dapat melakukan booting. Jika tidak, Anda mungkin memerlukan penggantian baterai.


6. Dapatkan Penggantian Baterai

Solusi yang disebutkan di atas adalah cara paling tepercaya untuk memperbaiki ponsel yang tidak dapat mengisi daya atau melakukan booting. Jika tidak ada yang bekerja untuk Anda, baterai yang rusak mungkin menyebabkan masalah. Kami menyarankan Anda mendapatkan penggantian baterai sekarang.

Dan jika Anda perhatikan ponsel telah mengembangkan bentuk yang aneh atau cairan baterai yang menjilat itu berarti baterainya rusak. Cobalah untuk menggantinya sesegera mungkin sebelum merusak bagian lain dari perangkat.


7. Bawa Ponsel Anda ke Pusat Layanan Resmi

Karena Anda menggunakan ponsel dengan baterai bawaan, sulit untuk membuka ponsel Anda dan menggantinya sendiri. Tetapi merusak baterai tidak berarti Anda harus mendapatkan ponsel baru. Tentu saja, Anda bisa mendapatkan penggantian baterai berkualitas tinggi dengan harga wajar dari penyedia layanan resmi merek Anda.

Untungnya, jika Anda menggunakan smartphone Samsung, Xiaomi, Vivo, atau Oppo memiliki Layanan service center yang tersebar di seluruh indonesia.

Terlebih lagi, jika ponsel Anda masih dalam garansi, bisa dapat diperbaiki baterai untuk Anda tanpa biaya setelah mengonfirmasi bahwa baterai tidak rusak karena penggunaan ilegal.

Demikian cara mengatasi HP mati total baterai tanam yang bisa anda coba untuk menyalakan hp yang mati kehabisan baterai untuk hp model baterai tanam. Jangan lupa untuk berbagi pengalaman di kolom komentar agar berguna bagi pembaca lain setelah anda. Salam

Belum ada Komentar untuk "Cara Menyalakan Android Mati Kehabisan Baterai di HP Baterai Tanam"

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Baca Juga:

Daftar HP 4G murah TerbaruCara Membuat Game Android
Daftar HP Android dibawah 1 jutaDaftar Hp samsung Termurah