Cara Mengatasi Masalah Sambungan atau Kode MMI Tidak Valid

Tips Android - Mungkin banyak yang pernah mengalami Masalah Sambungan atau Kode MMI Tidak Valid saat mencoba mengecek pulsa, atau mengecek nomor dan informasi lainnya melalui dial nomor. Sebenarnya kode MMI itu apa dan bagaimana cara mengatasi jika muncul pesan tertuliskan Masalah Sambungan atau Kode MMI tidak valid atau ada juga yang pesannya Kode MMI Tidak Berlaku. Kita akan bahas itu kali ini.

 

Kode MMI tidak valid biasanya biasanya akibat dari salah perintah dari kode USSD nya atau memang dari jaringannya. Entah jaringan dari provider atau dari hp kita. Kode MMI (Man Machine Interface) adalah kode perintah yang bisa kita gunakan untuk mengakses fitur khusus di telepon yang terdiri dari kombinasi angka dan karakter antara simbol * dan #. Masalah sambungan atau kode MMI tidak berlaku yang muncul saat Anda hendak melakukan panggilan, mengecek sisa pulsa atau kuota internet  terjadi atas beberapa faktor. Normalnya, setelah kita mengetik kode yang diawali bintang dan diakhiri pagar, maka selanjutnya akan muncul sebuah pesan yang menginformasikan sisa pulsa ataupun kuota dari operator masing-masing jika memang kita sedang mengecek pulsa. 


Kadang kita dibuat sebal hanya karena saat kita membutuhkan informasi seperti misalnya sisa kuota, atau sisa pulsa, atau bahkan ingin mengecek nomor dari kartu yang kita gunakan sekarang, melalui kode USSD ternyata tak kunjung dapat jawaban. Hanya muncul kode MMI tidak valid. Bagaimana mengatasinya? berikut beberapa cara yang bisa anda coba.


Cara Mengatasi Kode MMI Tidak Valid

cara mengatasi kode mmi tidak valid

 

Ada beberapa hal yang bisa anda lakukan, antara lain:

 

Ganti Jaringan

Salah satu yang menyebabkan masalah ini adalah jaringan. Misalnya hp anda lock jaringan 4G sedangkan saat ini area yang anda kunjungi tidak ada layanan 4G atau jaringan 4G sedang gangguan. Maka cobalah mengganti yang opsi pilihan jaringan 3G atau ambil yang sambung otomatis

Caranya:

  • Masuk ke menu pengaturan
  • Pilih pengaturan jaringan
  • Dan pilih pada SIM yang saat ini digunakan
  • Coba pilih salah satu pilihan mode jaringan dan coba dial kode USSD lagi apakah masih muncul kode MMI tidak valid
  • Coba beberapa mode jaringan untuk memastikan masalah ini selesai


Pancing Koneksi

Intinya coba nyalakan airplane mode, atau mode pesawat beberapa saat. Lalu matikan mode pesawatnya agar jaringan melakukan pencarian jaringan secara otomatis. Setelah jaringan sinyal muncul, coba dial kembali kode USSD yang ingin anda lakukan.


Restart

Jika dua cara diatas tidak membuahkan hasil, coba restart hp dengan cara matikan, dan nyalakan kembali. Setelah itu pastikan jaringan atau sinyal muncul dengan baik.


Gunakan Symbol

Ini cara yang efektif yaitu dengan menambahkan simbol + pada awal kode. Misalnya anda ingin mengecek dengan nomor *123# maka ditulis +*123# dan tunggu hasilnya


Jika 4 cara diatas masih belum bisa, kemungkinan besar ada masalah pada provider atau jaringan yang anda gunakan. 


Untuk mengetahui itu, coba teman anda yang menggunakan provider jaringan sama, apakah juga tidak bisa mengecek? jika iya berarti ada masalah pada provider. Jika teman anda yang providernya sama tapi bisa melakukan pengecekan, artinya ada masalah pada smartphone anda. Jika memang ini sudah dipastikan, baru coba cara selanjutnya dengan melakukan update system karena kemungkinan ada masalah pada software koneksi yang tidak bekerja atau error

 

Update System

Cara melakukan update system dengan :
  • Buka menu pengaturan
  • Pilih pada menu Tentang Ponsel
  • Pilih Pembaharuan Sistem

Seharusnya dengan beberapa cara diatas sudah dapat mengatasi masalah ini. Bila memang sudah dipastikan provider nggak ada masalah. Tetapi bila masih belum terselesaikan, artinya memang ada masalah pada jaringan sehingga anda harus menunggu provider atau jaringan normal kembali dari provider yang anda gunakan.


Demikian beberapa Cara Mengatasi Masalah Sambungan atau Kode MMI Tidak Valid yang bisa anda lakukan untuk menyelesaikan masalah yang anda alami sekarang. Jangan lupa berkomentar jika ada pertanyaan terkait masalah ini. Kami juga melakukan update informasi melalui youtube kami di sini :

klinikponseldotcom

yang bisa anda ikuti untuk mendapatkan informasi seputar smartphone dan permasalahannya. Salam

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatasi Masalah Sambungan atau Kode MMI Tidak Valid"

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Baca Juga:

Daftar HP 4G murah TerbaruCara Membuat Game Android
Daftar HP Android dibawah 1 jutaDaftar Hp samsung Termurah