Cara Mengatasi Layar HP Berkedip dan Bergaris Saat Kecerahan Rendah

Tips Android - Pernah mengalami layar hp berkedip saat kecerahan rendah atau redup. Touchscreen atau dikenal dengan layar sentuh pada HP Android bisa dibilang memiliki peran yang sangat penting untuk kelangsungan kinerja HP. Bagaimana tidak, jika komponen tersebut mengalami kerusakan, peran vital yang dimilikinya tak bisa tergantikan dengan komponen yang lain, dan seperti kita ketahui masalah pada layar touchscreen ini banyak sekali jenisnya, sehingga kita perlu menelaah satu persatu apakah penyebab pastinya, sehingga langkah untuk mengatasi masalah nantinya akan tepat pada sasaran. Entah itu mengenai masalah softwarenya atau bahkan sudah diharuskan mengganti hardwarenya.


Masalah layar touchscreen bergaris dan berkedip sendiri banyak sekali, seperti layar HP yang berkedip-kedip sendiri, layar touchscreen yang tidak bergerak ketika disentuh, layar touchscreen yang berubah warna menjadi kuning atau ada yang berwarna-warni seperti pelangi, dan juga bisa terjadi layar touchscreen yang bergaris. Sebab banyak masalah juga seperti layar sentuh tidak bisa disentuh sebagian.


Adapun saat ini yang banyak dikeluhkan adalah layar yang berkedip-kedip sendiri tanpa henti dan juga layar bergaris-garis. Dan pada kesempatan ini saya akan mengupas Langkah-langkah apa saja yang mungkin bisa Anda lakukan sendiri jika masalah ini terjadi pada HP android Anda sebelum Anda nantinya memutuskan membawa ke tempat service HP.


Seperti yang diketahui diatas, penanganan masalah HP berkedip dan bergaris tersebut bisa saja diperbaiki dengan mudah, tetapi tidak menutup kemungkinan, terkadang memang harus membutuhkan perbaikan peralatan atau bahkan penggantian. Berikut dibawah adalah penjelasan bagaimana kita bisa memecahkan masalah dan menyelesaikan layar yang berkedip pada HP Android Anda.


Sudah pasti, Anda bertanya-tanya apa penyebab sebenarnya mengapa HP Anda mengalami hal tersebut, jika Anda tau jawabannya Anda akan dengan mudah menyelesaikan masalah tersebut dengan Langkah-langkah yang akan saya bahas kali ini.


Anda bisa memulai dengan Langkah pengaturan yang terbaik dan tentunya yang paling mudah dan simple dan selanjutnya bisa ke pengaturan yang lebih rumit. Sampai sekiranya Anda bisa menyelesaikan dengan baik masalah yang terjadi. 

 

 Cara Mengatasi Layar HP Berkedip dan Bergaris Apalagi Saat Kecerahan Rendah

 

Cara Mengatasi Layar HP Berkedip dan Bergaris Apalagi Saat Kecerahan Rendah


Langkah-langkah Mengatasi Layar HP Berkedip Sendiri Terus Menerus

 

Mulai Ulang ( restart) 

Restart  HP android Anda. Ini memang Langkah awal yang sangat mendasar yang dilakukan untuk mengatasi hampir semua masalah yang terjadi di HP android.

 

Pengaruh dari Face Unlock

Seperti yang kita ketahui belakangan ini, Lockscreen atau mengunci layar HP kini sudah banyak sekali cara yang bisa dilakukan. Seiring berjalannya teknologi, kemajuan untuk mengunci layarpun sudah sangat canggih. Dulu kita bisa membukanya dengan sidik jari ataupun suara, sekarang Anda bisa melakukan dengan Face Unlock, yaitu bisa dibukanya kunci HP android tersebut hanya dengan wajah pemiliknya saja. Tetapi, fitur ini sangat disayangkan karena menyebabkan sedikit masalah, disebabkan fitur ini aktif dengan dibutuhkan cahaya yang terang untuk bisa membaca dan mengenali wajah kita. Dan alhasil layar HP sering berkedip-kedip sendiri terang dan redup secara bergantian yang sudah pasti kita menduga bahwa HP kita sedang bermasalah.


Oleh karenanya, untuk mengatasi layar HP Android berkedip karena Face Unlock ini dapat diatasi dengan cara berikut:

  • Pertama-tama buka HP Android Anda terlebih dahulu.
  • Lalu buka menu Pengaturan
  • Kemudian Anda ketuk di bagain Biometrik.
  • Terakhir Anda ketuk pada opsi pengenalan wajah, disana pasti terdapat pilihan untuk menonaktifkannya.

Jadi Anda bisa matikan saja fitur tersebut, maka secara otomatis layar HP tidak berkedip lagi.

 

Mematikan kecerahan Layar Otomatis 

Fitur yang terdapat di android yang harus Anda matikan selanjutnya adalah fitur kecerahan Adaptif, karena fitur ini bekerja secara otomatis dan terus menerus.


Dan adapun cara kerjanya yaitu kecerahan layar akan mengikuti kondisi pencahayaan ruangan. Jika kondisi sekitar Anda pencahayaan sangat terang maka kontras atau brightness akan bertambah terang, sebaliknya jika pencahayaan sekitar Anda sedikit atau Anda berada diruangan yang gelap makan kontras akan  berkurang atau bisa dibilang meredup dengan sendirinya.


Keadaan inilah yang menjadi sebab layar HP android Anda berkedip berkali-kali dengan sendirinya. Namun, sekali lagi, Anda tidak perlu terlalu mengkhawatirkanya, karena Anda dapat meghentikannya melalui settingan berikut:

  • Buka HP android Anda, lalu masuk kedalam menu pengaturan (settings)
  • Setelah itu Anda buka Tampilan dan pilih menu Kecerahan.
  • Pada bagian ini Anda matikan saja Kecerahan Otomatis (Kecerahan Adaptif).


Cara menonaktifkan fitur ini terbilang sangat mudah, dan saya sarankan untuk kembali menggunakan settingan pencahayaan secara manual saja. Anda bisa menggunakan settingan brightness sebesar 0-30 persen agar tidak terlalu menyilaukan mata. Saya menegaskan juga untuk tidak menyetting brightness terlalu terang atau 100 persen, karena selain merusak mata Anda, hal ini juga dapat menimbulkan efek layar berbayang.



Langkah-langkah Mengatasi Layar HP Bergaris


1. Buka Developers Options
Opsi pengembang atau Developers options merupakan halaman pengaturan lanjutan yang terdapat pada sistem HP Android. Banyak hal yang bisa Anda akses melalui Opsi Pengembang ini, dan kabar baiknya salah satunya untuk memperbaiki layar bergaris yang sedang anda hadapi saat ini.


Yang perlu Anda lakukan adalah mengaktifkan Developers options terlebih dahulu. Cara yang bisa Anda lakukan:

  • Silahkan Anda hidupkan HP Android Anda.
  • Kemudian buka menu Pengaturan (Settings).
  • Setelah itu Anda pilih opsi Tentang HP.
  • Terakhir Anda cari Nomor Bentukan dan ketuk 5x secara berturut-turut sampai Muncul tulisan “ Anda telah menjadi pengembang.”


Langkah berikutnya Anda dapat mengikuti panduan di bawah ini.

  • Anda masuk ke menu Pengaturan kemudian pilih Opsi Pengembang (Developers Options).
  • Anda gulir ke bawah lalu cari bagian Rendering.
  • Anda beri ceklis (tAnda centang) pada bagian Nonaktifkan Overlay HW.
  • Lalu setelah itu Restart atau hidupkan ulang HP.


Hal ini bertujuan agar layar HP Android Anda memakai GPU untuk menampilkan image atau gambar. Kemungkinan besar langkah ini dapat meminimalisir bug Flicker (Kedip) yang diakibatkan dari masalah komponen HP atau hardware.

 


2. Menggunakan Aplikasi LCD Fixer 

Baru-baru ini pada android, banyak sekali aplikasi yang dikembangkan dengan memiliki fungsi mengatasi layar bergaris. Misalnya seperti Dead Pixels Test and Fix. Dan setelah saya melakukan riset, ternyata aplikasi ini terbukti ampuh dijadikan solusi untuk Anda yang mempunyai HP dengan masalah layar bergaris.

Berikut langkahnya:

  • Install aplikasi Dead Pixels Test and Fix
  • Buka aplikasinya seperti biasa.
  • Ketuk check Dead Pixels dan Fix Dead Pixels Untuk memulai memperbaiki.

 

Jika Anda sudah melakukan Langkah tersebut diatas, silahkan Anda menunggu saja maka hasilnya akan segera terlihat. Apakah HP android Anda masih bergaris atau bahkan sudah Kembali normal seperti sedia kala.

Dari sekian banyak metode yang saya bagikan diatas tentang mengatasi LCD berkedip di android bisa Anda coba sendiri dirumah dan diharapkan sekali salah satunya bisa mengatasi masalah HP Android Anda yang berkedip-kedip ataupun masalah layar HP yang bergaris.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatasi Layar HP Berkedip dan Bergaris Saat Kecerahan Rendah"

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Baca Juga:

Daftar HP 4G murah TerbaruCara Membuat Game Android
Daftar HP Android dibawah 1 jutaDaftar Hp samsung Termurah